Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi dan Persepsi Nelayan Desa Terapung di Kabupaten Muna Barat terhadap Pendidikan Anak.

Fatmawati, Fatmawati and Kartowagiran, Badrun (2020) Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi dan Persepsi Nelayan Desa Terapung di Kabupaten Muna Barat terhadap Pendidikan Anak. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-fatmawati-18701251001.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

sehingga menyebabkan banyak masyarakat Indonesia yang tinggal di wilayah pesisir dan tengah laut yang menggantungkan hidupnya dari laut serta membentuk suatu kebudayaan maritim. Desa Bangko adalah satu-satunya desa terapung ditengah laut dengan jumlah penduduk kurang lebih 1500 jiwa. Kondisi masyarakat nelayan di desa terapung tidak jauh berbeda dengan masyarakat nelayan lain di Indonesia yang identik dengan pendidikan yang rendah dan tentu akan berdampak terhadap pendidikan anak. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kondisi sosial ekonomi nelayan desa terapung, (2) mengetahui kondisi sosial nelayan terhadap pendidikan anak, (3) mengetahui kondisi ekonomi nelayan terhadap pendidikan anak, (4) mengetahui persepsi nelayan desa terapung di Kabupaten Muna Barat terhadap pendidikan anak, (5) mengetahui besar pengaruh kondisi sosial, ekonomi, dan persepsi nelayan terhadap pendidikan anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei eksplanasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi seluruh kepala keluarga yang bermata pencaharian sebagai nelayan di desa terapung yang berjumlah 503 kepala keluarga. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria yaitu nelayan yang mempunyai anak sehingga diperoleh 337 kepala keluarga. Pengumpulan data dilakukan dengan cara angket, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen divalidasi dengan uji Aiken’s dengan expert judgement dan diperoleh nilai validasinya sebesar 0,95. Instrumen terdiri dari variabel sosial, ekonomi, persepsi dan pendidikan anak. Instrumen tersebut berbentuk pertanyaan dan pernyataan. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan positif dan tidak signifikan antara kondisi sosial terhadap pendidikan anak dengan t hitung sebesar 1,010, kondisi ekonomi menunjukkan ada hubungan positif dan tidak signifikan terhadap pendidikan anak dengan t hitung sebesar 1,953, sedangkan persepsi secara statistik menunjukkan ada hubungan negatif dan signifikan terhadap pendidikan anak dengan t hitung sebesar -2,952, jika dilihat dalam uji hipotesis secara parsial karena t hitung lebih besar dari t tabel 1,967. Berdasarkan hasil uji koefisien deteminasi yaitu untuk mengukur seberapa jauh kondisi sosial, ekonomi dan persepsi secara simultan mempengaruhi pendidikan anak diperoleh sebesar 3,0% dan sisanya 97% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: sosial ekonomi, persepsi, pendidikan anak, nelayan desa terapung
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 May 2022 06:25
Last Modified: 10 May 2022 06:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72984

Actions (login required)

View Item View Item