Evaluasi Program Musyawarah Guru Mata Pelajaran Matematika SMP Kota Yogyakarta.

Sari, Indah Purnama and Widihastuti, Widihastuti (2020) Evaluasi Program Musyawarah Guru Mata Pelajaran Matematika SMP Kota Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-indah purnama sari-17701251035.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program MGMP yang terdiri dari: (1) konteks kesesuaian struktur Musyawarah Guru Mata Pelajaran(MGMP) dan relevansi program dengan kebutuhan peserta MGMP, (2) input karakteristik peserta, materi program, sarana dan prasarana penunjang serta sistem pengelolaan program MGMP, (3) proses partisipasi peserta dan kualitas program MGMP, (4) produk manfaat program bagi peserta MGMP, kemampuan guru, dan keterampilan guru setelah menjadi peserta MGMP. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Subjek penelitian meliputi 60 peserta MGMP Matematika periode 2019/2020, 390 siswa SMP yang diajar oleh guru tersebut. Instrumen penelitian berupa angket, lembar observasi, dan wawancara terstuktur. Penyajian data untuk memberi gambaran tentang deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Instrumen angket divalidasi dengan uji validitas isiAiken’s Vmenggunakan expert judgment, dan validitas kontruk menggunakan analisis faktor eksploratori. Penentuan reliabilitas menggunakan rumus Cronbach Alpha. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Konteks program MGMP sudah baik; stuktur MGMP sudah sesuai dengan standar pengembangan KKG/MGMP dan relevansi program yang dilaksanakan MGMP Matematika berada pada kategori sangat baik dengan 53,33%. (2) Input program MGMP sudah baik; peserta MGMP sudah memenuhi kualifikasi minimal sebagai guru Matematika, kesesuaian materi yang dilaksanakan pada program MGMP berada pada kategori tinggi dengan 73,33%, ketersediaan sarana dan prasarana sebagai penunjang pelaksanaan program MGMP tergolong baik dan memadai dengan 50,00%, dan sistem pengelolaan program MGMP berada pada kategori tinggi dengan 80,00%.(3) Proses program MGMP sudah baik; keaktifan peserta MGMP ketika pelaksanaan program kegiatan berada pada kategori tinggi dengan 68,33% dan kualitas pelaksanaan program MGMP berada pada kategori tinggi dengan 61,67%.(4) Produk program MGMP sudah tergolong baik dan berhasil;manfaat program MGMP berada pada kategori tinggi dengan 68,33%, kemampuan guru berada pada kategori tinggi dengan 73,33% dan keterampilan guru setelah mengikuti program MGMP berada pada kategori tinggi dengan 57,95%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi program, musyawarah guru mata pelajaran
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Program Pascasarjana > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 May 2022 04:39
Last Modified: 10 May 2022 04:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72982

Actions (login required)

View Item View Item