Pengembangan Instrumen Penilaian Higher Order Thinking Skills Kimia Menggunakan Computerized Adaptive Test.

Afnia, Pangestika Nur and Istiyono, Edi (2020) Pengembangan Instrumen Penilaian Higher Order Thinking Skills Kimia Menggunakan Computerized Adaptive Test. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-pangestika nur afnia-17701251037.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan butir soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) kimia pada materi larutan asam basa, hidrolisis garam, dan larutan penyangga yang valid dan reliabel, (2) mengungkapkan karakteristik instrumen penilaian HOTS kimia yang dikembangkan, (3) mengungkapkan keefektifan instrumen penilaian HOTS kimia menggunakan Computerized Adaptive Test (CAT) dalam mengukur keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik, dan (4) mengungkapkan kemampuan HOTS kimia peserta didik yang diukur menggunakan CAT. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan modifikasi model dari Oriondo dan Antonio, yakni perancangan instrumen penilaian, perencanaan pengembangan, dan pelaksanaan pengembangan. Produk yang dikembangkan adalah 119 butir soal HOTS kimia dengan tujuh butir anchor pada materi larutan asam basa, hirolisis garam, dan larutan penyangga. Produk tersebut divalidasi oleh tiga ahli. Subjek uji coba soal HOTS kimia berjumlah 317 peserta didik yang berasal dari beberapa sekolah menengah atas di Yogyakarta. Analisis data menggunakan pendekatan teori respon butir dengan model penskoran partial credit model. Uji validasi instrumen HOTS kimia dianalisis menggunakan rumus V Aiken’s, sedangkan uji reliabilitas instrumen HOTS kimia menggunakan nilai fungsi informasi dan standard error of measurement. Kecocokan instrumen secara keseluruhan didasarkan pada besarnya nilai rata-rata INFIT MNSQ beserta simpangan bakunya atau nilai rata-rata INFIT t beserta simpangan bakunya. Butir soal yang dinyatakan memenuhi kriteria layak dan valid diinput ke dalam CAT dan digunakan untuk mengukur HOTS kimia peserta didik. Keefektifan instrumen penilaian HOTS kimia menggunakan CAT didasarkan pada respon angket dari pengguna. Hasil penelitian aealah sebagai berikut. (1) Instrumen penilaian yang dihasilkan merupakan instrumen penilaian HOTS berjumlah 117 butir soal yang termasuk di dalamya tujuh butir soal anchor. (2) Instrumen yang dikembangkan terdiri dari empat paket soal HOTS pilihan ganda beralasan terbukti fit berdasarkan: a) validasi ahli; b) hasil uji coba empiris yang menghasilkan nilai rata-rata INFIT MNSQ sebesar 1,00 ± 0,12, dan nilai INFIT t sebesar -0,06 ± 1,05; c) tingkat kesukaran butir soal yang dikembangkan berada pada rentang - 1,73 sampai 1,49; d) fungsi informasi dengan SEM diketahui bahwa instrumen penilaian HOTS kimia dapat mengestimasi kemampuan dalam rentang -1,3 sampai 2,0. (3) media CAT efektif digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik dengan persentase kelayakan media 78%. (4) Kemampuan HOTS kimia peserta didik yang diukur menggunakan CAT termasuk dalam kategori sedang.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: computerized adaptive test, higher order thinking skills, partial credit model
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 Apr 2022 07:26
Last Modified: 25 Apr 2022 07:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72916

Actions (login required)

View Item View Item