Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Keberpancasilaan Siswa Sekolah Dasar.

Kirana, Kartika and Suranto, Suranto (2020) Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Keberpancasilaan Siswa Sekolah Dasar. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-kartika kirana-17701251039.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan konstruk sikap keberpancasilaan untuk siswa sekolah dasar (SD) yang dikembangkan dari kelima sila Pancasila dan disesuaikan dengan tingkat kompetensi siswa SD dan (2) membuat instrumen yang valid dan reliabel untuk menilai sikap keberpancasilaan siswa SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang prosesnya menggunakan langkah-langkah pengembangan instrumen nontes sesuai dengan langkah-langkah yang dikemukakan oleh Mardapi, yaitu (1) menentukan spesifikasi instrumen, (2) menulis instrumen, (3) menentukan skala instrumen, (4) menentukan sistem penskoran, (5) menelaah instrumen, (6) melakukan ujicoba, (7) menganalisis instrumen, (8) merakit instrumen, (9) melaksanakan pengukuran, (10) menafsirkan hasil pengukuran. Draft instrumen ditelaah oleh lima pakar yang terdiri atas pakar pengukuran, pakar pendidikan dasar, pakar Pancasila, dan tujuh guru Sekolah Dasar. Setelah validasi ahli dilakukan ujicoba lapangan dengan menggunakan instrumen ini kepada 88 siswa kelas V dan VI SD Kanisius Mangunan, Jl Yogya-Solo km 11.5 Mangunan, Kalitirto, Berbah, Sleman. Uji coba melibatkan dua guru kelas V dan dua guru kelas VI sebagai observer. Observasi dilakukan selama satu bulan. Analisis dilakukan dengan indeks validitas Aiken dan estimasi reliabilitas instrumen dengan koefisien homogenitas. Hasil dari penelitian ini adalah deskripsi konstruk sikap keberpancasilaan dan instrumen observasi. Konstruk tersebut berupa nilai-nilai yang sesuai dengan sila Pancasila. Pada sila pertama nilainya percaya dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, menghormati ibadah teman yang berbeda agama, toleran dengan tradisi agama teman yang berbeda, bekerja sama dengan teman yang berbeda agama, serta menunjukkan integritas diri. Pada sila kedua nilainya yaitu menjaga persaudaraan yang sederajat, menghormati hak dasar teman, menghargai kehidupan, dan memperjuangkan kebenaran. Pada sila ketiga yaitu cinta tanah air, mengutamakan persatuan, bangga sebagai bangsa Indonesia, dan gotong royong. Pada sila keempat yaitu menghormati perbedaan, mengutamakan musyawarah, bertanggung jawab terhadap kesepakatan musyawarah, serta bertanggung jawab terhadap tugas. Pada sila kelima nilainya suka menolong, serta bekerja keras sampai tuntas. Instrumen penilaian sikap keberpancasilaan terdiri atas 41 butir pernyataan observasi yang terdiri atas 12 butir observasi sila pertama, 7 butir observasi sila kedua, 6 butir observasi sila ketiga, 9 butir observasi sila keempat, dan 7 butir observasi sila kelima. Instrumen ini telah memenuhi validitas isi dan estimasi reliabilitas, serta hasil telaah respon pengguna menunjukkan bahwa instrumen ini baik/layak. Analisa hasil pengukuran sikap keberpancasilaan menunjukkan 86 siswa memiliki kategori sangat baik, dan 2 siswa memiliki kategori baik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pancasila, pengembangan instrumen, sekolah dasar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 Apr 2022 07:10
Last Modified: 25 Apr 2022 07:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72904

Actions (login required)

View Item View Item