Pengembangan Model Dasar Latihan Fisik Dengan Media Dumbbell dan Bodyweight Pada Cabang Olahraga Atletik Nomor Tolak Peluru

Maulana, Alhafiz (2022) Pengembangan Model Dasar Latihan Fisik Dengan Media Dumbbell dan Bodyweight Pada Cabang Olahraga Atletik Nomor Tolak Peluru. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_alhafiz maulana_16602241058.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Pengembangan Model Dasar Latihan Fisik dengan Media Dumbbell dan Bodyweight pada Cabang Olahraga Atletik Nomor Tolak Peluru, sebagai referensi yang digunakan untuk Pelatih dan Atlet untuk latihan strenght. Dalam Pengembangan Model Dasar Latihan Fisik dengan Media Dumbbell dan Bodyweight pada Cabang Olahraga Atletik Nomor Tolak Peluru ini, memberikan gambaran model latihan media Dumbbell dan Bodyweight agar memberikan latihan yang bervariasi. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Penelitian ini dilakukan dengan beberapa langkah, yakni: identifikasi potensi dan masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, pembuatan produk, validasi ahli, revisi produk, uji coba, produk akhir. Subjek penelitian pada kelompok kecil 22 orang yang terdiri dari Anggota UKM Atletik UNY dan pada uji coba kelompok besar adalah 54 orang yang terdiri dari Atlet perwakilan Klub setiap daerah yang ada di DIY. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah instrumen berupa angket google form. Teknis analisis data penelitian adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil validasi dari Ahli Media sebesar 88%, dan dari hasil validasi Ahli Materi sebesar 86%. Berdasarkan uji coba kelompok kecil didapatkan presentase efektif dan layak digunakan sebesar 86,8%, dan uji coba sekala besar presentase efektif dan layak digunakan sebesar 92%, dengan saran dan masukan yaitu menambahkan pengenalan tes dan pengukuran serta mengganti gambar cover buku. Media ini dinyatakan layak untuk digunakan sebagai media pelatihan dan referensi panduan untuk atletik.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Ch. Fajar Sriwahyuniati, M.Or.
Uncontrolled Keywords: media, model latihan, dumbbell, bodyweight, strenght
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 14 Apr 2022 07:30
Last Modified: 14 Apr 2022 07:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72885

Actions (login required)

View Item View Item