Hubungan Aktivitas Fisik dan Intensitas Penggunaan Gawai Terhadap Kebugaran Jasmani Siswa Kelas 11 SMA N 3 Klaten

Perdana, Hilmy Yoga (2022) Hubungan Aktivitas Fisik dan Intensitas Penggunaan Gawai Terhadap Kebugaran Jasmani Siswa Kelas 11 SMA N 3 Klaten. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_hilmy yoga perdana_18601244031.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan antara aktivitas fisik dengan kebugaran jasmani siswa. (2) hubungan antara intensitas penggunaan gawai dengan kebugaran jasmani siswa. (3) hubungan aktivitas fisik dan intensitas penggunaan gawai dengan tingkat kebugaran jasmani siswa kelas 11 di SMA N 3 Klaten tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas 11 SMA Negeri 3 Klaten yang berjumlah 359 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling, berdasarkan rumus slovin dengan sampling error 10% didapatkan jumlah sampel sebanyak 80 siswa. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi. Instrumen untuk mengukur aktivitas fisik dan intensitas penggunaan gawai menggunakan angket serta untuk kebugaran jasmani menggunakan tes masing-masing komponen. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan teknik korelasi product moment Pearson dan analisis korelasi ganda dengan menggunakan variabel bebas meliputi aktivitas fisik (X1), intensitas penggunaan gawai (X2), dan variabel terikat adalah tingkat kebugaran jasmani yang berkaitan dengan kesehatan (Y). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) ada hubungan positif dan signifikan antara aktivitas fisik dengan kebugaran jasmani, dibuktikan dengan nilai r hitung lebih besar dari r tabel sebesar 0,498>0,220. (2) Ada hubungan negatif dan signifikan antara intensitas penggunaan gawai dengan kebugaran jasmani, dengan nilai r hitung lebih besar dari r tabel sebesar -0,312>0,220. (3) Ada hubungan positif dan signifikan antara intensitas penggunaan smartphone dan intensitas penggunaan gawai dengan kebugaran jasmani, dengan nilai F hitung lebih besar dari F tabel sebesar 15,592>3,12.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Jaka Sunardi, M.Kes., AIFO.
Uncontrolled Keywords: aktivitas fisik, intensitas penggunaan gawai, kebugaran jasmani siswa SMA
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 14 Apr 2022 04:29
Last Modified: 14 Apr 2022 04:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72883

Actions (login required)

View Item View Item