Peran Guru PJOK Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Di SD Koripan Yogyakarta

Rakhmawati, Daru Kartika (2022) Peran Guru PJOK Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Di SD Koripan Yogyakarta. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_daru kartika rakhmawati_18604221017.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peran guru PJOK dalam membentuk karakter peserta didik di SD Koripan Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Instrumen yang digunakan adalah angket (kuesioner) yang telah divalidasi oleh expert judgment. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas 1 sampai dengan kelas 6 SD Koripan sebanyak 164 siswa. Penentuan sampel penelitian ini dilakukan dengan rumus slovin dengan kesalahannya 5%, diperoleh hasil sampel 116 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan deskriptif dengan presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru PJOK dalam membentuk karakter pada peserta didik di SD Koripan Yogyakarta adalah masuk dalam kategori cukup, dengan persentase pada kategori cukup sebesar 52,59%, pada kategori kurang sebesar 17,24%, kategori sangat baik sebesar 14,66%, pada ketegori baik sebesar 12,93%, dan dan kategori sangat kurang 2,59%. dengan dibagi beberapa faktor peran Inspirator, Keteladanan, Motivator, Dinamisator, Evaluator.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Jaka Sunardi, M.Kes., AIFO.
Uncontrolled Keywords: peran guru, karakter, peserta didik
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 14 Apr 2022 04:22
Last Modified: 14 Apr 2022 04:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72882

Actions (login required)

View Item View Item