Efektivitas Metode Latihan William Flexion untuk Menurunkan Tingkat Low Back Pain Pada Anggota Kelompok PKK di Dusun Tejogan

Setiawan, Sri Sulistianingrum (2022) Efektivitas Metode Latihan William Flexion untuk Menurunkan Tingkat Low Back Pain Pada Anggota Kelompok PKK di Dusun Tejogan. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_sri sulistianingrum setiawan_18603141002.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai metode latihan william flexion bagi penderita low back pain. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektivitas penggunaan metode latihan william flexion untuk menurunkan tingkat low back pain pada anggota kelompok PKK di Dusun Tejogan, Hargorejo, Kokap, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini dilaksanakan pada akhir bulan Desember 2021 hingga awal Januari 2022. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan rancangan one group pre and posttest design. Perlakuan dalam penelitian ini menggunakan metode latihan william flexion dengan 6 kali perlakuan selama 2 minggu. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 50 orang dengan sampel yang diambil sebanyak 10 orang yang merupakan anggota kelompok PKK di Dusun Tejogan yang diambil melalui insidental sampling dengan kriteria inklusi dan ekslusi. Tingkat nyeri diukur menggunakan Visual Analog Scale (VAS) sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) perlakuan. Analisis data menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test ditujukan untuk mengetahui perbedaan signifikansi data pretest dan posttest pada kelompok yang telah diberi perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode latihan william flexion efektif untuk menurunkan tingkat nyeri punggung bawah dengan signifikansi p<0,05 dan tingkat penurunan nyeri sebesar 66%. Nilai nyeri VAS pretest dan posttest pada kelompok perlakuan mengalami penurunan dari 5,6 ± 1,075 menjadi 1,9 ± 0,994 dengan nilai (p<0,004). Kesimpulan penelitian adalah metode latihan william flexion efektif untuk menurunkan tingkat low back pain pada anggota kelompok PKK di Dusun Tejogan.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Widiyanto, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: william flexion, low back pain, tingkat nyeri
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 14 Apr 2022 04:11
Last Modified: 14 Apr 2022 04:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72819

Actions (login required)

View Item View Item