Pandangan Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Dalam Pembelajaran Permainan Tradisional di SMP Negeri Se-Kecamatan Magetan Kabupaten Magetan Tahun 2021/2022

Febriyanto, Yusril Wibowo (2022) Pandangan Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Dalam Pembelajaran Permainan Tradisional di SMP Negeri Se-Kecamatan Magetan Kabupaten Magetan Tahun 2021/2022. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_yusril wibowo febriyanto_18601241066.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pandangan guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dalam pembelajaran permainan tradisional di SMP Negeri se-Kecamatan Magetan Kabupaten Magetan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan analisis tematik kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara mendalam guna memperolah data yang jelas mengenai fokus permasalahan. Partisipan yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan SMP Negeri se-Kecamatan Magetan sebanyak 9 guru. Hasil wawancara mendalam, ditemukan bahwa guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan memandang permainan tradisional dalam pembelajaran sebagai alat untuk meningkatkan nilai moral pada peserta didik dan alternatif materi pada proses pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan merasa tidak setuju jika permainan tradisional tidak bisa diberikan pada materi pembelajaran. Menurut sebagian besar guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan, permainan tradisional masuk dalam kurikulum ajar dan mengandung unsur-unsur pada pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan, sehingga permainan tradisional bisa diberikan sebagai materi ajar dan bisa digunakan untuk alternatif strategi pada proses pembelajaran agar pembelajaran bisa bervariasi dan menyenangkan. Dalam hal ini terdapat beberapa guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan masih mempersepsikan pandangan negatif terhadap permainan tradisional dengan menganggap memberikan materi permainan tradisional dapat menghabiskan waktu dikarenakan masih banyak materi yang harus diajarkan dan kurangnya pemahaman guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dalam permainan tradisional sehingga mengakibatkan adanya prokontra terhadap guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan yang lainnya dalam pembelajaran permainan tradisional.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Muh. Hamid Anwar, M.Phil.
Uncontrolled Keywords: pandangan guru, permainan tradisional, pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 05 Apr 2022 07:52
Last Modified: 05 Apr 2022 07:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72796

Actions (login required)

View Item View Item