Hambatan Keterlaksanaan Pembelajaran Renang Untuk SMP Negeri di Purworejo

Kusuma, Catur Widya (2022) Hambatan Keterlaksanaan Pembelajaran Renang Untuk SMP Negeri di Purworejo. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_catur widya kusuma_18601241011.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat hambatan keterlaksanaan pembelajaran renang untuk SMP Negeri di Purworejo. Desain penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dengan metode angket. Subyek penelitian ini terdiri dari guru pendidikan jasmani dari SMP Negeri di Purworejo, dan banyaknya sampel 72 responden dengan metode total sampling. Alat yang digunakan adalah pernyataan kuesioner melalui google form. Hasil uji reliabilitas alat penelitian ini adalah 0,876. Hasil Uji Validasi menggunakan metode one-shot dengan r tabel sebesar 0,444 diperoleh melalui 30 pernyataan, termasuk 10 pernyataan tidak valid, menyisakan 20 pertanyaan untuk pengumpulan data penelitian. Teknik analisis data digambarkan sebagai persentase. Hasil penelitian keterlaksanaan pembelajaran renang terdiri dari lima faktor, yaitu pendidik, peserta didik, kurikulum, sarana prasarana, dan lingkungan. Uji instrument penelitian ini menggunakan teknik one shoot. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa kendala pelaksanaan pembelajaran renang SMP Negeri di Purworejo termasuk dalam kategori“cukup” dalam kaitannya dengan setiap faktor yang diperoleh diantaranya, 40% faktor pendidik, 36,1 faktor siswa, 42% faktor sarana dan prasarana, 37% faktor lingkungan. Dan kategori “tinggi” berada pada faktor kurikulum sebesar 32%.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Ermawan Susanto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: hambatan, pembelajaran, renang. SMP Negeri
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 05 Apr 2022 07:17
Last Modified: 05 Apr 2022 07:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72793

Actions (login required)

View Item View Item