Tingkat Pemahaman Siswa Kelas 3 terhadap Materi PJOK Secara Daring di SD Negeri Se-Kecamatan Patuk Kabupaten Gunungkidul

Wulandari, Shela Dian (2022) Tingkat Pemahaman Siswa Kelas 3 terhadap Materi PJOK Secara Daring di SD Negeri Se-Kecamatan Patuk Kabupaten Gunungkidul. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_shela dian wulandari_17604224004.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui seberapa tingkat pemahaman siswa kelas 3 terhadap materi PJOK secara daring di SD Negeri se-Kecamatan Patuk Kabupaten Gunungkidul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survey. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes soal pilihan ganda. Subjek yang digunakan dalam penelitian yaitu menggunakan teknik purposive sampling, yaitu hanya siswa kelas 3 yang terpilih untuk dapat diteliti. Berikut SD yang terpilih sebagai tempat penelitian yaitu SDN Baran, SDN Beji Patuk, SDN Bunder I Patuk, SDN Bunder II Patuk, SDN Bunder 3 Patuk, SDN Sokasari, SDN Patuk II, SDN Sidomulyo, SDN Panjatan, SDN Waduk dengan jumah siswa 117 orang. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan angket/kuisioner dalam pengambilan data dan menggunakan google form sebagai media pembantu menyebarkan instrument. Perhitungan data akhir penelitian menggunakan bantuan program microsoft excel. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini diketahui bahwa tingkat pemahaman siswa kelas 3 terhadap materi PJOK secara daring di SD Negeri se-Kecamatan Patuk Kabupaten Gunungkidul terdapat pada kategori “sangat tinggi” yaitu 71,80% dengan jumlah 84 siswa. Kategori “tinggi” yaitu 17,10% dengan jumlah 20 siswa. Sedangkan kategori “sedang” yaitu 6,90% dengan jumlah 8 siswa. Untuk kategori “rendah” yaitu 4,20% dengan jumlah 5 siswa dan pada kategori “sangat rendah” yaitu 0% dengan jumlah 0 siswa. Berdasarkan nilai rata-rata sebesar 87,56, tingkat pemahaman siswa kelas 3 terhadap materi PJOK secara daring di SD Negeri se-Kecamatan Patuk Kabupaten Gunungkidul termasuk dalam kategori “sangat tinggi”.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Hari Yuliarto, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: tingkat pemahaman, pembelajaran PJOK, Covid-19
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 05 Apr 2022 01:58
Last Modified: 05 Apr 2022 01:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72780

Actions (login required)

View Item View Item