PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID DENGAN SOFTWARE CONSTRUCT 2 PADA MATERI UNGGAH UNGGUH BASA JAWA UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI SELOHARJO KECAMATAN NGAGLIK KABUPATEN SLEMAN

Haryati, Rosalia (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID DENGAN SOFTWARE CONSTRUCT 2 PADA MATERI UNGGAH UNGGUH BASA JAWA UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI SELOHARJO KECAMATAN NGAGLIK KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
ROSALIA HARYATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan umum penelitian ini adalah untuk menghasilkan aplikasi sebagai media pembelajaran interaktif berbasis android yang layak. Tujuan khusus penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan langkah-langkah sistematis pada media pembelajaran berbasis android pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa kelas IV SD, 2) menentukan tingkat validitas pada media pembelajaran pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa untuk siswa kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kulitatif dan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran bahasa jawa berbasis android dengan menggunakan tahapan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis (Analisis), Design (Desain), Devolop (Pengembangan), Implemantation (Implemantasi), dan Evaluation (Evaluasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembeljaran berbasis android efektif digunakan dalam pembelajaran. Hasil validasi media memperoleh skor rata-rata 4,32 dengan kategori “sangat baik” atau “sangat layak”. Hasil uji coba perseorangan memberoleh skor rata-rata 4,38 dengan kategori “sangat baik” atau “sangat layak”. Hasil uji coba oleh guru memperoleh skor 4,4 dengan kategori “sangat baik” atau “sangat layak”. Hasil uji coba kelompok kecil memperoleh rata-rata “sangat baik” atau “sangat layak”. Secara keseluruhan,media pembelajaran berbasis android layak dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran bahasa jawa di kelas IV. Kata kunci: media,construct 2, berbasis android, unggah-ungguh basa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Bahasa dan Sastra > Bahasa Jawa > Bahasa Jawa
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 13 May 2022 02:54
Last Modified: 13 May 2022 02:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72610

Actions (login required)

View Item View Item