PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK BERMAIN PERAN DALAM LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA DI SMP NEGERI 3 NGUTER SUKOHARJO

Feli Yuliani Safitri, Feli (2012) PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK BERMAIN PERAN DALAM LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA DI SMP NEGERI 3 NGUTER SUKOHARJO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK BERMAIN PERAN DALAM LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA DI SMP NEGERI 3 NGUTER SUKOHARJO Oleh Feli Yuliani Safitri 06104244038 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan teknik bermain peran dalam layanan bimbingan kelompok terhadap kepercayaan diri siswa SMP Negeri 3 Nguter, Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen quasi experiment, dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Nguter, Sukoharjo yang berjumlah 247 siswa, dengan sampel siswa kelas VIII H 32 siswa untuk kelas eksperimen, dan kelas VIII A 32 siswa untuk kelas kontrol. Pengambilan sampel dipilih dengan teknik random sampling. Alat pengumpulan data dengan menggunakan skala kepercayaan diri. Uji coba instrumen dilakukan di luar subjek penelitian. Validitas instrumen menggunakan validitas konstruk, dengan hasil 16 butir soal gugur, dan 40 butir soal valid. Reliabilitas instrumen dicari dengan rumus Alpha hasilnya 0,908. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t, melalui prasyarat normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa teknik bermain peran dalam bimbingan kelompok berpengaruh positif terhadap kepercayaan diri siswa di SMP Negeri 3 Nguter, Sukoharjo, yaitu dengan diperoleh peningkatan nilai rata-rata kenaikan kelompok eksperimen 9,88 dan kelompok kontrol 3,47 dan t hitung > dari t tabel (8,853 > 1,999) dan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (p=0,000<0,05). Kata kunci : teknik bermain peran, kepercayaan diri, penelitian eksperimen.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 06 Nov 2012 07:56
Last Modified: 29 Jan 2019 17:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7256

Actions (login required)

View Item View Item