UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI BERMAIN PLAYDOUGH PADA KELOMPOK A DI TK ABA MARANGAN KABUPATEN SLEMAN

Yuni , Muning Atuti (2012) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI BERMAIN PLAYDOUGH PADA KELOMPOK A DI TK ABA MARANGAN KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
Yuni Muning.pdf

Download (52kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus melalui bermain playdough pada kelompok A di TK ABA Marangan Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Masing-masing siklus dilaksanakan selama 2 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak-anak kelompok A di TK ABA Marangan berjumlah 19 anak yang terdiri dari 10 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei-Juni tahun pelajaran 2011-2012. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kualitatif digunakan untuk menentukan peningkatan proses belajarnya khususnya berbagai tindakan yang dilakukan guru, sedangkan analisis data kuantitatif digunakan untuk menentukan peningkatan hasil belajar siswa sebagai pengaruh dari setiap tindakan yang dilakukan. Hasil observasi keterampilan motorik halus Pra Tindakan sebelum menggunakan playdough kriteria baik ada 7 anak dari 19 anak atau 36,84%. Hasil penelitian siklus I kriteria baik naik menjadi 12 anak dari 19 anak atau 63,15%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I telah berhasil meningkatkan keterampilan motorik halus tetapi belum mencapai indikator keberhasilan sehingga diperlukan siklus selanjutnya. Hasil siklus II pencapaian kriteria baik meningkat menjadi 17 anak dari 19 anak atau 89,47%. Peningkatan ini diperoleh melalui bermain playdough dengan langkah-langkah pembelajaran yaitu: (1) meyiapkan media playdough dan alat untuk menjipak yang akan digunakan, (2) memperkenalkan media playdough dalam pembelajaran (3) memberikan contoh cara memanipulasi dan menjiplak menggunakan playdough (4) membagikan playdough secara proposional untuk setiap kelompok, (5) anak diperkenankan memanipulasi dan menjiplak sesuai dengan contoh yang telah diberikan oleh guru. Kata kunci: Keterampilan motorik halus, bermain playdough, Kelompok A.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 06 Nov 2012 00:25
Last Modified: 29 Jan 2019 17:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7255

Actions (login required)

View Item View Item