Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter dan Higher Order Thinking Skills pada Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Yogyakarta.

Haniah, Apriliana Rusly and Aman, Aman (2020) Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter dan Higher Order Thinking Skills pada Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-apriliana rusly haniah-18718251009.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan integrasi: (1) penguatan pendidikan karakter (PPK, dan (2) higher order thinking skills (HOTS) pada pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru sejarah dan siswa SMA Negeri 1 Yogyakarta. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa hasil observasi, informasi langsung dari subjek, dan dokumen. Penentuan subjek menggunakan teknik purposive sampling. Proses pengujian keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/ verivikasi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Integrasi PPK dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Yogyakarta dikemas dalam RPP yang disusun oleh guru sejarah dan disesuaikan dengan format yang tertuang pada Permendikbud No. 22 Tahun 2016. PPK diintegrasikan ke dalam RPP pada bagian tujuan pembelajaran dan langkah-langkah pembelajaran. Pada tujuan pembelajaran disebutkan nilai-nilai karakter yang akan dikembangkan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Sedangkan pada langkah- langkah pembelajaran terdapat pada kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. (2) Integrasi HOTS dalam pembelajaran sejarah di sekolah tersebut dikemas dalam RPP dan soal/penilaian HOTS yang disesuaikan dengan Permendikbud No. 23 Tahun 2016. HOTS diintegrasikan ke dalam RPP pada bagian tujuan pembelajaran, proses mencapai tujuan yang meliputi: materi, metode, media, dan sumber belajar dan evaluasi/penilaian.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: HOTS sejarah, integrasi, karakter
Subjects: Ilmu Sosial > Sejarah
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 04 Mar 2022 07:04
Last Modified: 04 Mar 2022 07:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72547

Actions (login required)

View Item View Item