Pengembangan E-Book Suplemen Pembelajaran Sejarah Materi Sistem Pemerintahan Kolonial Hindia Belanda untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Wawasan Kebangsaan Peserta Didik di Sekolah Menengah Atas.

Hestiliani, Teti and Miftahuddin, Miftahuddin (2020) Pengembangan E-Book Suplemen Pembelajaran Sejarah Materi Sistem Pemerintahan Kolonial Hindia Belanda untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Wawasan Kebangsaan Peserta Didik di Sekolah Menengah Atas. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-teti hestiliani-18718251003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan E-book suplemen pembelajaran sejarah materi sistem pemerintahan kolonial Hindia Belanda yang layak untuk meningkatkan minat belajar dan wawasan kebangsaan peserta didik, (2) mendeskripsikan keefektifan E-book suplemen yang dihasilkan tersebut untuk meningkatkan minat belajar dan wawasan kebangsaan peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan 4D models yang terdiri dari define, design, develop dan disseminate. Subjek uji coba terbatas adalah 28 orang peserta didik kelas XI SMAN 9 Yogyakarta. Subjek penelitian menggunakan 2 kelas, yaitu kelas XI IPA 5 yang berjumlah 30 peserta didik sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA 3 yang berjumlah 28 peserta didik sebagai kelas eksperimen. Instrumen pengumpulan data meliputi anket penilian terhadap E-book suplemen untuk ahli media, ahli materi, angket respon guru, angket respon peserta didik, angket minat belajar peserta didik dan angket wawasan kebangsaan. Analisis data menggunakan analisis uji N-Gain. Hasil penelitian ini berupa E-book suplemen pembelajaran sejarah materi sistem pemerintahan kolonial Hindia Belanda yang: (1) layak digunakan untuk meningkatkan minat belajar dan wawasan kebangsaan peserta didik berdasarkan kriteria penilaian yang sudah di validasi dan memenuhi kriteria; (2) cukup efektif untuk meningkatkan minat belajar dan wawasan kebangsaan peserta didik berdasarkan hasil analisis.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: E-book, Suplemen, Minat Belajar, Wawasan Kebangsaan.
Subjects: Ilmu Sosial > Sejarah
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 02 Mar 2022 07:49
Last Modified: 02 Mar 2022 07:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72534

Actions (login required)

View Item View Item