Pengembangan Instrumen Penilaian Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam Pembelajaran Sejarah untuk Peserta Didik Tingkat SMA.

Yusfasanti, Yusfasanti and Machfauzia, Ayu Niza (2020) Pengembangan Instrumen Penilaian Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam Pembelajaran Sejarah untuk Peserta Didik Tingkat SMA. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-yusfasanti-17718251022.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan soal pilihan ganda berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) peserta didik tingkat SMA kelas XI di Yogyakarta. Produk ini dapat dijadikan acuan penulisan butir soal HOTS untuk guru kepada peserta didik di SMA. Penelitian ini diambil dari langkah metode pengembangan penelitian Borg and Gall, yang meliputi langkah-langkah: Validasi instrumen, melakukan penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba terbatas, revisi produk awal, uji coba lapangan, dan revisi produk akhir. Penelitian ini melibatkan 34 peserta didik kelas XI MIA 8 SMA Negeri 1 teladan Yogyakarta, dengan 20 item soal pilihan ganda sebagai alat ukurnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji coba (t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen soal HOTS yang terdiri dari 20 butir soal pilihan ganda dari aspek materi, konstruksi dan bahasa dinyatakan valid serta layak untuk digunakan. Instrumen tersebut mempunyai tingkat kesukaran, daya pembeda, dan semua pengecoh berfungsi baik. Penyusunan draft tes divalidasi oleh validator ahli beserta guru. Hasil uji coba dianalisis melalui program Quest yang dapat menentukan validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda serta efektivitas distraktor yang disajikan secara deskriptif. Berdasarkan data hasil analisis, 20 item soal dikatakan fit, karena berada pada batas kisaran INFIT MNSQ  0,77 sampai  1,30. Sehingga butir soal reliabel dengan kriteria sangat tinggi dan kriteria cukup. Hasil penelitian ini bermanfaat khususnya bagi guru untuk keberlanjutan penulisan soal HOTS pilihan ganda yang baik untuk diaplikasikan di sekolah.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: HOTS, pengembangan, instrumen, penilaian, Higher Order Thinking Skills, pembelajaran sejarah.
Subjects: Ilmu Sosial > Sejarah
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 02 Mar 2022 07:43
Last Modified: 02 Mar 2022 07:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72533

Actions (login required)

View Item View Item