UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI PERMAINAN CERITA BERANTAI PADA ANAK KELOMPOK B TK PKK 49 MANGUNAN DLINGO BANTUL

Rusbiyanti, (2012) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI PERMAINAN CERITA BERANTAI PADA ANAK KELOMPOK B TK PKK 49 MANGUNAN DLINGO BANTUL. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
Rusbiyanti.pdf

Download (50kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara melalui permainan cerita berantai pada anak kelompok B TK PKK 49 Mangunan Dlingo Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilakukan secara kolaboratif. Subjek penelitian ini semua anak kelompok B TK PKK 49 Mangunan Dlingo Bantul, yang berjumlah 23 anak, yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 14 anak perempuan.Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan dokumentasi. instrument penelitian yakni panduan observasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berbicara pada anak kelompok B TK PKK 49 dapat ditingkatkan melalui permainan cerita berantai.Hal ini dibuktikan dari kemampuan berbicara yang dicapai anak pada akhir tindakan siklus 2, yaitu meningkatnya jumlah anak yang memenuhi skor 3 (mampu menyebutkan cerita berantai, dapat mengucapkan semua kata dan kalimat dalam cerita, mampu berbicara lancar secara lisan dengan lafal jelas dan lancar, dan dapat menceritakan kembali semua cerita tersebut secara urut) mencapai 20 anak (86,96%). Kata kunci: Kemampuan berbicara, permainan cerita beantai kelompok B

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 06 Nov 2012 00:25
Last Modified: 29 Jan 2019 17:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7253

Actions (login required)

View Item View Item