UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS MENGGUNAKAN MEDIA KARTU BERGAMBAR PADA KELOMPOK A TK MEKAR MELATI, SLEMAN, YOGYAKARTA

Rosalia , Herlianawati (2012) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS MENGGUNAKAN MEDIA KARTU BERGAMBAR PADA KELOMPOK A TK MEKAR MELATI, SLEMAN, YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
Rosalia Herlianawati.pdf

Download (50kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis menggunakan media kartu bergambar pada anak kelompok A di Taman Kanak-Kanak Mekar Melati, Sleman, Yogyakarta Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas jenis kolaboratif partisipatif model Kemmis dan Taggart yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Masing-masing siklus dilaksanakan selama 3 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A TK Mekar Melati yang berjumlah 14 anak terdiri dari 5 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Obyek yang akan diteliti adalah kemampuan menulis menggunakan media kartu bergambar. Tindakan yang akan dilakukan berupa pembelajaran menulis menggunakan media kartu bergambar. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada kemampuan menulis anak kelompok A. Hal ini terbukti dari sebelum menggunakan media kartu bergambar dari jumlah keseluruhan anak, ada 3 anak atau 21% dengan kriteria baik, 6 anak atau 43% dengan kriteria cukup, 2 anak atau 14% dengan ktiteria kurang baik dan 3 anak atau 21% dengan kriteria tidak baik. Setelah dilakukan tindakan pada siklus 1 kemampuan menulis, ada 10 anak atau 71% dengan kriteria baik, 2 anak atau 14% dengan kriteria cukup, 1 anak atau 7% dengan kriteria kurang baik dan 1 anak atau 7% dengan kriteria tidak baik. Pada siklus I kemampuan menulis mampu meningkatkan partisipasi anak, tetapi belum mampu mencapai indikator keberhasilan, maka dilakukan tindakan siklus II. Pada tindakan siklus II sudah mencapai tingkat keberhasilan. Hal ini terbukti dari 12 anak atau 86% dengan kriteria baik, 2 anak atau 14% dengan kriteria cukup. Hasil penelitian tersebut membuktikan bahwa media kartu bergambar memiliki pengaruh besar dalam pembelajaran menulis, karena melalui penggunaan media kartu bergambar kemampuan anak dalam menulis dapat meningkat. Peningkatan ini diperoleh melalui langkah-langkah pembelajaran yaitu : (1) tanya jawab mengenai kartu bergambar, (2) menyediakan macam-macam huruf abjad yang diacak, (3) mencari huruf yang sudah diacak sesuai media kartu bergambar (4) menempel di papan tulis dan meniru menulis huruf sesuai kartu bergambar.. . Kata kunci: Kemampuan menulis, media kartu bergambar, anak kelompok A.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 06 Nov 2012 00:25
Last Modified: 29 Jan 2019 17:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7252

Actions (login required)

View Item View Item