Pemanfaatan Komputer dengan Program Cabri dalam Pembelajaran Geometri

Sugiyono, . (2006) Pemanfaatan Komputer dengan Program Cabri dalam Pembelajaran Geometri. Trend Penelitian dan Pembelajaran Matematika di Era ICT. ISSN 978–979–16353–9–1

[img]
Preview
Text
PM-12 - Sugiyono.pdf

Download (421kB) | Preview
Official URL: http://www.uny.ac.id

Abstract

Objek Geometri adalah benda‐benda pikiran yang sifatnya abstrak. Dengan demikian untuk memperoleh hasil yang optimal, dalam mempelajari Geometri perlu adanya tahapan tahapan, yaitu enaktif (menggunakan benda nyata), ikonik ( menggunakan benda semi konkrit) dan simbolik ( menggunakan simbol / lambang). Komputer dengan program CABRI sangat baik digunakan untuk membelajarkan Geometri, khususnya pada tahap ikonik. Penggunaan Komputer program CABRI ini bermanfaat antara lain: a) gambar‐gambar geometri yang biasanya dilakukan dengan pensil, penggaris dan jangka ( dapat dilakukan komputer dengan lebih cepat dan jauh lebih teliti,b) adanya fasilitas animasi dan gerakan‐ gerakan (dragging) dapat memberikan visualisasi yang lebih jelas dalam memahami konsep, prinsip, maupun prosedur serta penyelesaian soal. c) balikan maupun evaluasi( benar/ salahnya pekerjaan ) dapat diketaui dengan mudah d) .memudahkan guru/siswa untuk menyelidiki sifat‐sifat yang berlaku pada suatu objek (sebagai alat bantu dalam metode penemuan atau inquiri) e)menarik dan tidak membosankan.

Item Type: Article
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2006
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sarwo Hadi Setyana
Date Deposited: 05 Nov 2012 04:22
Last Modified: 06 Nov 2012 00:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7250

Actions (login required)

View Item View Item