PENGEMBANGAN METODE PERMAINAN BERBASIS QUIZIZZ SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPS TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN DI SD MANGIR LOR BANTUL

Rahmawati, Nur (2022) PENGEMBANGAN METODE PERMAINAN BERBASIS QUIZIZZ SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPS TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN DI SD MANGIR LOR BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Nur Rahmawati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan melakukan pengembangan metode pembelajaran untuk menghasilkan produk metode permainan dengan quizizz yang layak digunakan untuk pembelajaran kelas V di SD Negeri Mangir Lor dengan pokok bahasan faktor penyebab penjajahan dan upaya bangsa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Prosedur pengembangan pada penelitian ini diadaptasi dari prosedur penelitian pengembangan R&D dari Thiagarajan, Semmel, dan Semmel yang disebut dengan model Four-D dengan tahap-tahap tahap define, design, dan development. Namun telah dimodifikasi menjadi 3D karena keterbatasan peneliti. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Mangir Lor yang berjumlah 16 siswa. Enam siswa untuk uji coba kelompok kecil dan sepuluh siswa untuk uji coba lapangan. Kelayakan produk diperoleh dari penilaian validasi oleh ahli materi, ahli media, dan praktisi. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket secara online. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan secara keseluruhan layak. Kelayakan media pembelajaran menurut ahli materi didapatkan skor rata-rata 4,06 dengan kategori baik. Kelayakan media menurut ahli media didapatkan skor rata-rata 3,86 dengan kategori baik. Kelayakan media pembelajaran menurut guru sebagai praktisi didapatkan skor rata-rata 4,6 dalam kategori sangat baik. Media pembelajaran “Game berbasis Kuis Online di Quizizz” efektif dan layak untuk meningkatkan keaktifan siswa dengan skor rata-rata 3,68 pada uji coba kelompok kecil dan skor rata-rata 3,7 pada uji lapangan. Kata kunci: metode pembelajaran, kuis online, Quizizz

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 25 Feb 2022 02:31
Last Modified: 25 Feb 2022 02:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72498

Actions (login required)

View Item View Item