PENANAMAN KARAKTER RELIGIUS SISWA PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI SD MUHAMMADIYAH SOKONANDI

Ratri, Medita Santika (2022) PENANAMAN KARAKTER RELIGIUS SISWA PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI SD MUHAMMADIYAH SOKONANDI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Medita Santika Ratri.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penanaman karakter religius siswa pada pembelajaran jarak jauh di SD Muhammadiyah Sokonandi dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat penanaman karakter religius siswa pada pembelajaran jarak jauh di SD Muhammadiyah Sokonandi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif studi kasus. Subjek penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles & Huberman meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman karakter religius siswa pada pembelajaran jarak jauh di SD Muhammadiyah Sokonandi terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan dilaksanakan setiap awal tahun ajaran baru baik perencanaan pembelajaran secara akademik ataupun perencanaan membangun karakter religius siswa. Penanaman karakter religius dilaksanakan melalui pengembangan diri yaitu berupa kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan, dan pengkondisian sekolah. Kegiatan rutin meliputi berdoa, memperingati hari raya keagamaan, infaq, salam, sholat wajib, sholat dhuha, memberikan kesempatan untuk melakukan ibadah, mengucapkan terima kasih, maaf, permisi, dan tolong. Kegiatan spontan meliputi memperingatkan siswa yang tidak melaksanakan ibadah, memperingatkan siswa jika tidak menjawab salam, dan mengoreksi kesalahan siswa jika melakukan hal yang tidak baik. Penanaman melalui integrasi dalam mata pelajaran dilakukan dengan menanamkan karakter religius ke dalam materi pelajaran sesuai RPP dan silabus dan berupa pesan-pesan moral yang di berikan oleh guru. Penanaman melalui budaya sekolah yaitu dalam budaya artifak, perilaku, dan ide di sekolah. Evaluasi dilaksanakan dengan rapat evaluasi pada akhir tahun pembelajaran yang tidak tertulis dan tertulis dalam rapot siswa. Faktor pendukung penanaman karakter religius siswa pada pembelajaran jarak jauh yaitu dukungan orang tua, dukungan sekolah, jaringan internet, program yang sudah direncanakan, bantuan kuota data, dan kreativitas guru. Sementara faktor penghambatnya adalah kesibukan orang tua, adanya wali murid yang tidak responsif dan kurang kooperatif, dan fasilitas WiFi yang ada di sekolah kadang terputus. Kata kunci: religius, penanaman karakter, sekolah dasar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 25 Feb 2022 02:26
Last Modified: 25 Feb 2022 02:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72497

Actions (login required)

View Item View Item