PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAZEL KATA UNTUK BELAJAR MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR

Ahmad, Ahmad (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAZEL KATA UNTUK BELAJAR MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Ahmad.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pazel kata yang layak digunakan sebagai media pembelajaran membaca permulaan siswa kelas I sekolah dasar. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan sesuai teori Borg & Gall yang dikemukakan oleh Sugiyono. Pengembangan dilakukan dengan lima tahap yaitu: 1) pengumpulan potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk. 4) tahap uji validasi atau kelayakan, dan 5) revisi produk. Tempat penelitian dilakukan di SD Negeri 1 Trirenggo. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, angket ahli materi, dan angket ahli media. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil validasi menyatakan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan layak berdasarkan semua aspek yang divalidasi. Media tersebut dapat dikatakan layak digunakan untuk siswa kelas I sekolah dasar berdasarkan hasil penilaian oleh ahli materi dan ahli media. Hasil validasi materi menunjukkan layak dengan skor rata-rata 4,06 yang masuk dalam kategori baik. Hasil validasi media menunjukkan layak dengan skor rata-rata 4,57 berkategori sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut, produk media pazel kata untuk belajar membaca permulaan siswa kelas I sekolah dasar layak untuk digunakan berdasarkan penilaian validator. Kata kunci : pengembangan media, pazel kata, membaca permulaan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 25 Feb 2022 02:03
Last Modified: 25 Feb 2022 02:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72494

Actions (login required)

View Item View Item