Pengaruh Latihan Chest Pass Medicine Ball dan Kekuatan Lengan Terhadap Ketepatan Passing Atlet UKM Bola Basket Putra Universitas Negeri Yogyakarta

Gazali, Muh. Ari (2022) Pengaruh Latihan Chest Pass Medicine Ball dan Kekuatan Lengan Terhadap Ketepatan Passing Atlet UKM Bola Basket Putra Universitas Negeri Yogyakarta. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_muh. ari gazali_21611251055.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan pengaruh antara latihan medicine ball 1 kg dan latihan medicine ball 2 kg terhadap ketepatan passing atlet UKM bola basket putra Universitas Negeri Yogyakarta, (2) perbedaan pengaruh kekuatan lengan tinggi dan kekuatan lengan rendah terhadap ketepatan passing atlet UKM bola basket putra Universitas Negeri Yogyakarta, dan (3) interaksi antara latihan medicine ball (1 kg dan 2 kg) dan kekuatan lengan (tinggi dan rendah) terhadap ketepatan passing atlet ukm bola basket putra Universitas Negeri Yogyakarta. Metode penelitian ini adalah eksperimen kuasi dengan rancangan faktorial 2 x 2. Populasi penelitian ini adalah atlet UKM bola basket putra Universitas Negeri Yogyakarta yang berjumlah 37 atlet. Sampel penelitian ini 20 atlet yang diambil dengan teknik purposive sampling. Instrumen untuk mengukur kekuatan lengan dengan menggunakan tes push up dan untuk mengukur ketepatan passing bola basket menggunakan AAHPERD passing test. Teknik analisis data yang digunakan adalah ANOVA dua jalur pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan pengaruh antara latihan chest pass medicine ball 1 kg dan latihan chest pass medicine ball 2 kg terhadap ketepatan passing atlet ukm bola basket putra universitas negeri yogyakarta, terbukti dari nilai p = 0,000 < 0,05, latihan chest pass medicine ball 1 kg lebih tinggi (baik) dibandingkan dengan metode latihan medicine ball 2 kg, (2) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara atlet yang memiliki kekuatan lengan tinggi dan kekuatan lengan rendah terhadap ketepatan passing atlet UKM bola basket putra UNY. Ketepatan passing atlet yang memiliki kekuatan lengan tinggi lebih baik dari atlit yang memiliki kekuatan lengan rendah, terbukti dari nilai p = 0,000 < 0.05, dan (3) ada interaksi yang signifikan antara latihan chest pass medicine ball dan kekuatan lengan (tinggi dan rendah) terhadap ketepatan passing atlet ukm bola basket putra UNY, terbukti dari nilai p = 0,002 < 0,05.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Ahmad Nasrulloh, M.Or.
Uncontrolled Keywords: latihan medicine ball 1 kg dan 2 kg, kekuatan lengan, ketepatan passing, bola basket
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 25 Feb 2022 01:46
Last Modified: 25 Feb 2022 01:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72491

Actions (login required)

View Item View Item