PENGEMBANGAN PEMAHAMAN KONSEP SAINS MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA ANAK PRASEKOLAH TK PERTIWI LEKSANA KARANGKOBAR BANJARNEGARA

Pintarria, Arisandha (2012) PENGEMBANGAN PEMAHAMAN KONSEP SAINS MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA ANAK PRASEKOLAH TK PERTIWI LEKSANA KARANGKOBAR BANJARNEGARA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
Pintarria.pdf

Download (49kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep sains dan mengembangkan pemahaman konsep sains melalui metode eksperimen pada anak prasekolah TK Pertiwi Leksana Karangkobar Banjarnegara. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas berkolaborasi dengan guru kelompok B. Subjek dalam penelitian ini adalah anak prasekolah TK Pertiwi Leksana Karangkobar Banjarnegara yang berjumlah 28 anak. Objek penelitiannya adalah pemahaman konsep sains melalui metode eksperimen pada anak prasekolah TK Pertiwi Karangkobar Banjarnegara. Desain penelitian yang digunakan adalah Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus. Siklus pertama dengan dua kegiatan dan siklus kedua dengan dua kegiatan. Setiap siklus ada empat langkah yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif presentase dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode eksperimen dapat mengembangkan pemahaman konsep sains pada anak prasekolah TK Pertiwi Leksana Karangkobar Banjarnegara. Hal ini dapat dilihat pada peningkatan pemahanan konsep sains pada kondisi awal sebesar 25% dan peningkatan pemahaman sains pada siklus I sebesar 52,5% dan peningkatan pemahaman konsep sains pada siklus II sebesar 98,2%. Penggunaan metode eksperimen juga dapat meningkatkan pembelajaran pengembangan pemahaman konsep sains pada anak prasekolah TK Pertiwi Leksana Karangkobar Banjarnegara. Kata kunci: konsep sains, metode eksperimen, anak prasekolah

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 06 Nov 2012 00:25
Last Modified: 29 Jan 2019 17:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7249

Actions (login required)

View Item View Item