PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN ADAPTASI DI MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK SISWA KELAS 4 SD KAREN BANTUL

Arifin Za, Mahmud (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN ADAPTASI DI MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK SISWA KELAS 4 SD KAREN BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Mahmud Arifin Za.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran yang layak dan dapat digunakan pada pembelajaran tematik di masa pandemi covid-19 untuk siswa kelas 4 tema 8 subtema 1 di SD Negeri Karen Bantul. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan mengadaptasi prosedur pengembangan Thiagarajan yang memiliki 4 tahapan yaitu define, design, develop, dan disseminate. Namun pada penelitian ini, peneliti membatasi penelitian ini hanya sampai pada tahap develop. Subjek penelitian ini berjumlah 10 peserta didik kelas IV SD Negeri Karen. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan produk modul pembelajaran yang dihasilkan layak dan dapat digunakan secara praktis dalam pembelajaran tematik kelas 4 tema 8 subtema 1 berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, respon peserta didik dan guru. Hal ini dibuktikan dari terpenuhinya kriteria minimal baik pada setiap komponen yang terdiri atas validasi materi, validasi media, penilaian guru, dan uji coba lapangan terbatas. Rerata skor yang diperoleh dari validasi ahli materi yaitu sebesar 3,42 dengan kategori sangat layak, validasi ahli media sebesar 3,60 dengan kategori sangat layak, penilaian respon peserta didik mendapatkan persentase sebesar 96,36% dengan kategori sangat layak dan respon guru diperoleh rerata skor 3,79 dengan kategori kategori sangat layak. Kata kunci: Modul Pembelajaran, Tematik, pandemi covid-19.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 25 Feb 2022 01:56
Last Modified: 25 Feb 2022 01:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72489

Actions (login required)

View Item View Item