Membangun Komunitas Belajar Bagi Guru Matematika Melalui Lesson Study

Djamilah Bondan, Widjajanti (2006) Membangun Komunitas Belajar Bagi Guru Matematika Melalui Lesson Study. Trend Penelitian dan Pembelajaran Matematika di Era ICT. ISSN 978–979–16353–9–1

[img]
Preview
Text
PM-11 - Djamilah B.W.pdf

Download (264kB) | Preview
Official URL: http://www.uny.ac.id

Abstract

Menghadapi tantangan yang semakin banyak, para guru matematika sangat memerlukan forum yang mampu menjadi forum saling belajar diantara mereka. Forum yang demikian, yang saat ini sangat terkenal di Jepang, dinamakan Lesson Study. Lesson Study adalah kegiatan kolaboratif dari sekelompok guru untuk secara bersama‐sama: (1) merencanakan pembelajaran (plan), (2) salah seorang guru melaksanakan pembelajaran di depan kelas dan guru lain mengamati jalannya proses pembelajaran (do), dan (3) melakukan refleksi atau melihat lagi (see) pembelajaran yang telah dilaksanakannya, guna menemukan dan memecahkan masalah pembelajaran yang mungkin muncul, agar pembelajaran berikutnya dapat direncanakan dan dilaksanakan dengan lebih baik. Selama ini forum MGMP Matematika sebenarnya dapat dipandang sebagai komunitas belajar bagi guru matematika. Namun jika ditinjau dari intensitas kegiatannya, nampaknya untuk dapat benar‐benar menjadi suatu komunitas belajar, kegiatan di MGMP masih harus diintensifkan, sedemikian hingga setiap anggotanya secara aktif saling belajar sesuatu dalam forum yang diselenggarakannya, dengan tujuan untuk meningkatkan keprofesionalan mereka dalam mengajar, agar siswa dapat belajar dengan optimal. Jika forum MGMP belum cukup mampu menjadi suatu komunitas belajar bagi guru, maka sekolahlah yang seharusnya menjadi tempat komunitas belajar berkembang. Diprakasai kepala sekolah, didukung lingkungan yang kondusif, adanya tekad dan semangat diantara para guru untuk maju secara bersama‐sama, adanya kesediaan para guru untuk saling berbagi pengetahuan, ketrampilan, dan masalah‐masalah pembelajaran matematika yang dihadapinya sehari‐hari, adanya komitmen yang tinggi dari para guru untuk mengatasi masalah pembelajaran matematika yang ada di sekolah tersebut (seperti rendahnya motivasi dan prestasi belajar matematika siswa) secara bersama‐sama, adalah hal‐hal yang akan sangat mendukung terbangunnya komunitas belajar bagi guru matematika di sekolah tersebut. Melalui kegiatan Lesson Study para guru akan dapat membangun komunitas belajar untuk meningkatkan keprofesionalan mereka. Kata kunci: komunitas belajar, lesson study

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: komunitas belajar, lesson study
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2006
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sarwo Hadi Setyana
Date Deposited: 06 Nov 2012 00:25
Last Modified: 06 Nov 2012 00:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7248

Actions (login required)

View Item View Item