Pengaruh Latihan Superdrill dan Kemp Vincent Rally Tennis Terhadap Tingkat Konsistensi Pukulan Groundstroke dan Daya Tahan Kardio Pada Atlet Tenis Junior DIY Umur 14-17 Tahun

Maruf, Achad Imam (2022) Pengaruh Latihan Superdrill dan Kemp Vincent Rally Tennis Terhadap Tingkat Konsistensi Pukulan Groundstroke dan Daya Tahan Kardio Pada Atlet Tenis Junior DIY Umur 14-17 Tahun. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_achad imam maruf_20711251022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk tujuan penelitian adalah untuk mengetahui cara meningkatkan daya tahan kardio dan konsistensi pemain tenis lapangan junior DIY. Penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan rancangan faktorial 2 x 2. Metode ini bersifat menguji (validation) yaitu menguji pengaruh satu atau lebih variabel terhadap variabel lain. Penelitian eksperimen semu ini menggunakan metode one group pre test-post test design. Populasi dari penelitian ini adalah atlet junior tenis DIY umur 14-17 tahun. Sampel dalam penelitian ini adalah 20 atlet junior tenis DIY umur 14-17 tahun yang tingkat daya tahan kardiovaskuler dan konsistensi pukulan groundstrokes-nya masih rendah. Instrumen untuk tes yang digunakan adalah tes keterampilan tenis lapangan (Sport Skill Tennis Test) tingkat konsistensi dan MFT untuk mengukur daya tahan kardiovaskuler. Adapun teknik analisis data menggunakan uji paired-t test, yaitu dengan maksud untuk membandingkan nilai rerata dari hasil pre test dan post test sebelum dan sesudah perlakuan dengan sampel yang sama. Sebelum uji paired-t test, terlebih dahulu uji normalitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Terdapat pengaruh latihan superdrill dan kemp vincent rally tennis terhadap peningkatan daya tahan kardiovaskuler dengan nilai signifikan(0,000) dan (0,000) < 0,05 dan peningkatan konsistensi dengan nilai signifikan (0,000) dan (0,000) < 0,05. Selain dari pada itu, hasil penelitian menunjukkan persentase peningkatan pada daya tahan kardiovaskuler sebesar 10,6% dan 10,17 %. Sedangkan persentase peningkatan konsistensi sebesar 18,3% dan 27.31 %. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan Program superdrill dan kemp vincent rally tennis efektif untuk eningkatkan daya tahan kardiovaskuler dan konsistensi atlet tenis lapangan junior DIY.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Sulistiyono, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: superdrill, kemp vincent rally tennis, daya tahan kardiovaskuler, konsistensi, tenis lapangan
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 23 Feb 2022 10:20
Last Modified: 23 Feb 2022 10:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72473

Actions (login required)

View Item View Item