Pengembangan Alat Self Soccer Ball (SSB) untuk Meningkatkan Teknik Passing, Shooting, dan Controlling Pada Pemain Sepakbola Usia Muda

Purnawan, Ardi Cahya (2022) Pengembangan Alat Self Soccer Ball (SSB) untuk Meningkatkan Teknik Passing, Shooting, dan Controlling Pada Pemain Sepakbola Usia Muda. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_ardi cahya purnawan_19711251057.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan alat Self Soccer Ball (SSB) untuk meningkatkan teknik passing, shooting dan controlling pada pemain sepakbola usia muda, (2) mengetahui kelayakan alat Self Soccer Ball (SSB), (3) mengetahui keefektifan alat Self Soccer Ball (SSB). Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research & Development). Prosedur penelitian dan pengembangan ini mengadaptasi beberapa tahap penelitian pengembangan dari Borg & Gall yakni: (1) penelitian dan pengumpulan data, (2) perencanaan, (3) mengembangkan produk awal, (4) validasi ahli dan revisi, (5) uji coba skala kecil dan revisi, (6) uji coba skala besar dan revisi, (7) uji coba efektivitas, dan (8) pembuatan produk akhir. Validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Uji coba skala kecil dilakukan pada 10 atlet dan 1 pelatih. Uji coba skala besar dilakukan pada 20 atlet dan 3 pelatih. Instrumen pengumpulan data menggunakan wawancara, kuesioner validasi ahli, kuesioner untuk pelatih dan atlet. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitiaf dan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini berupa alat Self Soccer Ball (SSB), meliputi: (1) multi function vest dari busa dilapisi kain jersey yang nyaman dan dapat diatur sesuai ukuran badan pengguna, (2) tali berbahan nilon elastis yang dapat memanjang hingga 5,5m, (3) sarung bola dari bahan neoprene dengan lima lengan yang dapat diatur menyesuaikan ukuran bola 3, 4, dan 5, (4) dua buah pengait pada multi function vest yang dapat dihubungkan dengan tali nilon elastis sesuai kebutuhan latihan, (5) brosur berukuran 21 cm x 29,7 cm berisi tantang informasi dan panduan penggunaan alat, (6) video tentang cara penggunaan dan contoh latihan dari alat Self Soccer Ball (SSB). Berdasarkan hasil dari validasi oleh dua ahli, uji coba skala kecil dan uji coba skala besar, alat Self Soccer Ball (SSB) dinyatakan layak untuk digunakan. Hasil dari uji efektivitas alat Self Soccer Ball (SSB) yang dikembangkan terbukti dapat meningkatkan kemampuan short pass, hal ini dibuktikan dari hasil analisis data melalui uji paired sampel t-test yang menunjukkan nilai signifikansi yang lebih kecil dari 0,05 yakni 0,029.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Suharjana, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: pengembangan, self soccer ball (SSB), sepakbola
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 23 Feb 2022 10:06
Last Modified: 23 Feb 2022 10:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72471

Actions (login required)

View Item View Item