Korelasi Disiplin Belajar, Tanggung Jawab Belajar, dan Motivasi Belajar degnan Prestasi Belajar PJOK Siswa di SMP Muhammadiyah 2 Sirampog Selama Pandemi Covid-19

Amrulloh, Abdul Malik Karim (2022) Korelasi Disiplin Belajar, Tanggung Jawab Belajar, dan Motivasi Belajar degnan Prestasi Belajar PJOK Siswa di SMP Muhammadiyah 2 Sirampog Selama Pandemi Covid-19. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_abdul malik karim amrulloh_17711251030.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Akibat pandemi covid-19 yang mempengaruhi system pembelajaran di dunia, sehingga pemerintah dan pihak sekolah menerapkan pembatasan wilayah dan mengharuskan siswa belajar dari rumah, dengan kata lain pembelajaran yang semula dilaksanakan secara langsung, kini dilaksanakan secara online, hal ini tentunya memiliki kelemahan tersendiri yang memicu masalah baru didalam kegiaan belajar mengajar. Latar belakang penelitian ini ialah rendahnya disiplin belajar tanggung jawab belajar, dan motivasi belajar di tinjau dari prestasi belajar yang rendah setelah dilakukan observasi. Sehingga peneliti mencoba untuk mengkaji masalah tersebut menjadi suatu penelitian. Tujuan penelitian ini ialah: (1) Hubungan antara kedisiplinan di SMP Muhammadiyah 2 Sirampog pada masa pandemi Covid19 dengan hasil belajar siswa PJOK. (2) Hubungan antara tanggung jawab akademik di SMP Muhammadiyah 2 Sirampog pada masa pandemi Covid19 dengan hasil belajar siswa di PJOK. (3) Hubungan antara motivasi belajar siswa dengan hasil belajar PJOK di SMP Muhammadiyah 2 Sirampog pada masa pandemi Covid19. (4) Hubungan antara disiplin akademik, tanggung jawab belajar dan motivasi belajar, serta kinerja akademik siswa PJOK di SMP Muhammadiyah 2 Sirampog pada masa pandemi Covid 19. Metode survei ini adalah survei korelasional dengan pendekatan survei. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Sirampog yang berjumlah 40 siswa. Alat ukur hasil belajar adalah nilai PTS (Penilaian Tengah Semester) semester gasal tahun ajaran 2021/2022 yang diperoleh saat siswa masih duduk di kelas VII. Alat untuk mengukur variable disiplin, tanggung jawab belajar, dan motivasi belajar ialah menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah analisis regresi, taraf signifikansi = 0,05. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Terdapat hubungan yang signifikan antara disiplin akademik dengan prestasi akademik PJOK pada masa pandemi Covid19, dengan taraf signifikansi 0,000 & < 0,05; (2) Pada masa pandemi Covid19, tanggung jawab akademik dan kinerja akademik PJOK Terdapat hubungan yang signifikan antara skor, dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05; (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar PJOK pada masa pandemi Covid19, pada taraf signifikansi 0,000 dan < 0,05; (4) Hubungan antara disiplin akademik, tanggung jawab belajar dan motivasi belajar, dengan prestasi belajar siswa PJOK di SMP Muhammadiyah 2 Sirampog pada masa pandemi Covid19, nilai signifikansinya adalah 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Yudik Prasetyo, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: disiplin belajar, tanggung jawab belajar, motivasi, prestasi belajar, Covid-19
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 23 Feb 2022 09:39
Last Modified: 23 Feb 2022 09:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72468

Actions (login required)

View Item View Item