Pengaruh Latihan Ladder Drill dan Hurdle Drill Terhadap Kelincahan dan VO2Max Ditinjau dari Dayatahan Otot Tungkai pada Atlet Bulutangkis

Hidayat, Rezha Arzhan (2022) Pengaruh Latihan Ladder Drill dan Hurdle Drill Terhadap Kelincahan dan VO2Max Ditinjau dari Dayatahan Otot Tungkai pada Atlet Bulutangkis. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_rezha arzhan hidayat_21611251038.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan pengaruh latihan ladder drill dan hurdle drill terhadap Kelincahan dan VO2Max, (2) perbedaan pengaruh antara atlit bulutangkis yang memiliki daya otot tungkai tinggi dan rendah terhadap kelincahan dan VO2Max, (3) Interaksi antara kedua latihan dan dayatahan otot tungkai tinggi dan rendah terhadap kelincahan dan VO2Max. Penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan factorial 2x2. Sampel penelitian ini adalah atlit badminton yang berjumlah 24 orang yang dipilih secara Random dari populasi 45 orang. Instrumen untuk mengukur Kelincahan adalah T Drill Test, untuk mengukur VO2Max adalah Multistage Fitness Test (MFT). Teknik analisis data yang digunakan adalah ANOVA dua jalur pada taraf signifikansi α 0,05. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara latihan ladder drill dan hurdle drill terhadap kelincahan atlit bulutangkis, latihan ladder drill dan hurdle drill memberikan pengaruh yang sama baiknya terhadap peningkatan VO2Max (2) ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara atlit bulutangkis yang memiliki daya tahan otot tungkai tinggi dan rendah terhadap kelincahan dan VO2Max, α<0,05, (3) ada interaksi yang signifikan antara latihan ladder drill dan hurdle drill dan daya tahan otot tungkai tinggi dan rendah terhadap kelincahan (α<0,05, kedua latihan tersebut sama baiknya digunakan untuk pemberian peningkatan VO2Max.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Sigit Nugroho, M.Or.
Uncontrolled Keywords: ladder drill, hurdle drill, kelincahan, VO2Max, atlet, bulutangkis
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 23 Feb 2022 09:32
Last Modified: 23 Feb 2022 09:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72466

Actions (login required)

View Item View Item