Pengaruh Latihan Jalan Kaki Terhadap Kebugaran Jasmani, Tekanan Darah, Gula Darah dan Kolestrol Anggota Posyandu Lansia di Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat

Rizka, Muhammad (2021) Pengaruh Latihan Jalan Kaki Terhadap Kebugaran Jasmani, Tekanan Darah, Gula Darah dan Kolestrol Anggota Posyandu Lansia di Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_muhammad rizka_19711251007.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Aktivitas fisik yang kurang pada lansia tidak hanya mempengaruhi kebugaran jasmani, tetapi juga mengakibatkan meningkatnya prevalensi penyakit tidak menular pada lansia. Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas latihan jalan kaki terhadap (1) kebugaran jasmani, (2) tekanan darah, (3) gula darah, dan (4) kolesterol anggota posyandu lansia di Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan desain pretest-postest control group design. Populasi yaitu anggota posyandu lansia perempuan, usia 60 tahun, berjumlah 37 orang. Jumlah sampel 34 orang yang ditentukan secara simple random sampling. Kelompok eksperimen mendapat perlakuan aktivitas fisik berupa jalan kaki 3x seminggu, intensitas ringan sampai sedang, durasi 60 menit selama 3 minggu, sedangkan kelompok kontrol tidak diberikan perlakuan. Instrumen untuk mengukur kebugaran jasmani adalah tes Rockport, instrumen pengukuran tekanan darah adalah tensimeter, instrumen pengukuran kadar gula darah adalah glucometer, dan instrumen pengukuran kolesterol adalah alat pengukur kolesterol rapid test. Teknik analisis data menggunakan uji beda non-parametrik Wilcoxon dan Mann Whitney dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada perbedaan kebugaran jasmani sebelum dan sesudah perlakuan, baik pada kelompok perlakuan maupun kontrol. Kelompok eksperimen mempunyai kebugaran jasmani yang lebih baik daripada kelompok kontrol (p=0,000). (2) Pada kedua kelompok, ada perbedaan tekanan darah antara pretest-postest, baik pada tekanan darah sistolik maupun diastolik. Kelompok eksperimen mempunyai tekanan darah sistolik (p= 0,005) dan diastolik (p=0,020) yang lebih baik daripada kelompok kontrol. (3) Ada perbedaan kadar gula darah antara pretest-postest pada kedua kelompok. Kelompok eksperimen memiliki kadar gula darah lebih baik daripada kelompok kontrol (p= 0,031). (4) Pada kedua kelompok, ada perbedaan kadar kolesterol antara pretest-posttest. Kelompok eksperimen memiliki kadar kolesterol lebih baik daripada kelompok kontrol (p=0,001). Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh latihan jalan kaki terhadap kebugaran jasmani, tekanan darah, gula darah dan kolesterol pada anggota posyandu lansia.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. dr. Rachmah Laksmi Ambardini, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: jalan kaki, kebugaran jasmani, tekanan darah, gula darah, kolesterol, lansia
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 23 Feb 2022 04:31
Last Modified: 23 Feb 2022 04:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72462

Actions (login required)

View Item View Item