Evaluasi Pembelajaran Daring Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di SD Negeri Se-Kabupaten Bantul

Astutik, Nofiya Wahyu Widy (2022) Evaluasi Pembelajaran Daring Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di SD Negeri Se-Kabupaten Bantul. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_nofiya wahyu widy astutik_20733251004.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran daring PJOK di SD Negeri se-Kabupaten Bantul berdasarkan aspek Context, Input, Process, dan Product. Model evaluasi yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah model CIPP. Subjek evaluasi ini adalah SD Negeri se-Kabupaten Bantul yang berjumlah 273 sekolah. Teknik sampling menggunakan rumus Slovin dengan sampling error 10% didapatkan 73 sekolah. Selanjutnya sampel dalam penelitian ini ditentukan menggunakan teknik purposive sampling, dengan kriteria: peneliti mengambil 1 guru PJOK, 1 orang Kepala Sekolah, dan orang tua peserta didik yang bersedia menjadi sampel dan mengisi kuesioner dari penelitiTeknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu análisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi pelaksanaan pembelajaran daring PJOK di SD Negeri se-Kabupaten Bantul sebesar 2,41 masuk kategori kurang. Berdasarkan masing-masing komponen evaluasi, diperoleh kesimpulan sebagai berikut. (1) Context evaluasi pelaksanaan pembelajaran daring PJOK di SD Negeri se-Kabupaten Bantul, sebesar 2,59 masuk kategori baik. Indikator filsafat pembelajaran PJOK sebesar 2,57 pada kategori baik dan tujuan pembelajaran PJOK sebesar 2,61 pada kategori baik. (2) Input evaluasi pelaksanaan pembelajaran daring PJOK di SD Negeri se-Kabupaten Bantul, sebesar 2,39 masuk kategori kurang. Indikator profil guru sebesar 2,44 pada kategori kurang, profil peserta didik sebesar 2,25 pada kategori kurang, dan sarana dan prasarana pembelajaran sebesar 2,49 pada kurang. (3) Process evaluasi pelaksanaan pembelajaran daring PJOK di SD Negeri se-Kabupaten Bantul, sebesar 2,38 masuk kategori kurang. Indikator RPP sebesar 2,56 pada kategori baik dan pelaksanaan pembelajaran daring sebesar 2,20 pada kategori kurang. (4) Product evaluasi pelaksanaan pembelajaran daring PJOK di SD Negeri se- Kabupaten Bantul, sebesar 2,29 masuk kategori kurang. Indikator evaluasi proses pembelajaran sebesar 2,26 pada kategori kurang dan evaluasi hasil pembelajaran sebesar 2,31 pada kategori kurang.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Yudanto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: evaluasi, pembelajaran daring PJOK, pandemi Covid-19
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 23 Feb 2022 03:15
Last Modified: 23 Feb 2022 03:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72456

Actions (login required)

View Item View Item