Pengaruh Latihan Zig-Zag Run Terhadap Peningkatan Kecepatan Dribbling Bola Futsal Pada Atlet Putri Falena Angels FC Purbalingga

Aryati, Rina (2022) Pengaruh Latihan Zig-Zag Run Terhadap Peningkatan Kecepatan Dribbling Bola Futsal Pada Atlet Putri Falena Angels FC Purbalingga. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_rina aryati_17602244037.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan zig-zag run terhadap peningkatan kecepatan dribbling bola futsal pada atlet putri Falena Angels Fc Purbalingga. Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan metode eksperimen, dengan desain penelitian adalah dengan one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah atlet putri Falena Angels FC Purbalingga yang berjumlah 20 atlet. Teknik pengambilan sampling menggunakan metode purposive sampling, dengan kriteria yaitu: (1) Keaktifan mengikuti latihan rutin di futsal Klub Falena Angels FC Purbalingga minimal 3 kali setiap minggu, (2) Sudah pernah mengikuti/memperkuat tim futsal Klub Falena Angels FC Purbalingga dalam beberapa kejuaraan/kompetisi, (3) Sanggup mengikuti program latihan selama 16 kali pertemuan dengan maksimal 20% atau 3 kali di ijinkan tidak hadir mengikuti latihan. Berdasarkan kriteria tersebut yang memenuhi 10 atlet. Instrumen yang digunakan untuk tes kecepatan dribbling adalah instrumen tes dribbling oleh Rahma Dewi dan Muhammad Taqwa Pakpahan (2018: 1-6). Teknik analisis data menggunakan uji t dengan membandingkan hasil pretest dengan posttest pada kelompok eksperimen. Hasil uji hipotesis 1 diperoleh nilai-nilai t hitung > t tabel (2,100) dan besar nilai signifikansi 0.000 < 0.05, berarti terdapat pengaruh yang signifikan pada latihan zig-zag run terhadap kecepatan dribbling bola dalam permainan futsal pada atlet putri Falena Angels FC Purbalingga. Hasil uji hipotesis 2 disimpulkan peningkatan kecepatan dribbling dengan latihan zig-zag run (16,95 %). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan latihan zig-zag run terhadap kecepatan menggiring dalam permainan futsal pada atlet putri Falena Angels FC Purbalingga.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Ratna Budiarti, M.Or.
Uncontrolled Keywords: latihan zig-zag run, kecepatan dribbling, futsal
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 23 Feb 2022 02:16
Last Modified: 23 Feb 2022 02:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72454

Actions (login required)

View Item View Item