Meningkatkan Aktivitas Belajar Untuk Mencapai Tuntas Belajar Siswa SMP CitischoolMelalui Model Pembelajaran Quantum Teaching Dilengkapi Modul Dan VCD Pembelajaran

Putriaji, Hendikawati (2006) Meningkatkan Aktivitas Belajar Untuk Mencapai Tuntas Belajar Siswa SMP CitischoolMelalui Model Pembelajaran Quantum Teaching Dilengkapi Modul Dan VCD Pembelajaran. Trend Penelitian dan Pembelajaran Matematika di Era ICT. ISSN 978–979–16353–9–1

[img]
Preview
Text
PM-7 - Putriaji Hendikawati.pdf

Download (307Kb) | Preview
Official URL: http://www.uny.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini ingin mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Quantum Teaching didampingi modul serta media pembelajaran VCD dapat meningkatkan aktivitas siswa dan ketuntasan belajar matematika siswa dan seberapa besar aktivitas siswa mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tiga siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Citischool tahun pelajaran 2005/2006 dengan jumlah siswa 19 orang. Siswa memperoleh pembelajaran dengan model Quantum Teaching didampingi modul, media pembelajaran VCD dan suasana pembelajaran yang diberi iringan musik. Variabel dalam penelitian ini adalah aktivitas siswa dalam pembelajaran dan hasil belajar siswa berupa hasil postes dari ketiga siklus. Teknik pengambilan data dengan menggunakan angket, lembar observasi guru dan siswa, pretes, dan postes. Data hasil penelitian diolah dengan analisis deskriptif, uji t, dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan aktivitas siswa terbukti dengan meningkatnya skor rata‐rata aktivitas klasikal dalam tiga siklus yaitu 60,25 %, 70,25 %, dan 77,75 %; meningkatkan ketuntasan belajar matematika siswa, rata‐rata hasil belajar pada akhir setiap siklus berturut‐turut 68, 67, dan 75 dengan jumlah siswa yang memperoleh nilai ketuntasan individu sebanyak 11 siswa (57,9 %) baik pada siklus I maupun II dan meningkat menjadi 15 siswa (78,9 %) pada akhir siklus III. Terdapat korelasi yang kuat antara aktivitas terhadap hasil belajar siswa; besar pengaruh aktivitas terhadap hasil belajar menunjukkan angka korelasi yang tinggi dari ketiga siklus berturut‐turut yaitu 0,880, 0,921, dan 0,740.. Kata kunci: aktivitas, tuntas belajar, Quantum Teaching, modul dan VCD

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: aktivitas, tuntas belajar, Quantum Teaching, modul dan VCD
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2006
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sarwo Hadi Setyana
Date Deposited: 06 Nov 2012 00:25
Last Modified: 06 Nov 2012 00:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7244

Actions (login required)

View Item View Item