Pengaruh Latihan Depth Jump dan Box Jump Terhadap Tinggi Lompatan Penjaga Gawang di SSB Gelora Muda Sleman Yogyakarta Usia 13-15 tahun

Prasetyo, Dwi Januar (2022) Pengaruh Latihan Depth Jump dan Box Jump Terhadap Tinggi Lompatan Penjaga Gawang di SSB Gelora Muda Sleman Yogyakarta Usia 13-15 tahun. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_dwi januar prasetyo_15602241062.pdf

Download (896kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan depth jump dan box jump terhadap peningkatan kemampuan lompat penjaga gawang di SSB Gelora Muda Sleman Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah penjaga gawang yang ada di SSB Gelora Muda Sleman yang berjumlah 12, populasi yang berjumlah 12 diambil keseluruhan sebagai sampel. Untuk variabel bebas penelitian ini adalah latihan depth jump dan box jump. Sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah tinggi lompatan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen lapangan dan desain penelitian ini menggunakan pre test – post test design. Kesimpulan penelitian ini: 1) Terdapat pengaruh latihan depth jump terhadap kemampuan lompat. 2) Terdapat pengaruh latihan box jump terhadap kemampuan lompat. 3) Terdapat perbedaan antara latihan depth jump dan box jump terhadap kemampuan lompat. 4) Penerapan latihan box jump lebih baik daripada latihan depth jump terhadap kemampuan lompat. Saran dari penelitian ini adalah: 1) Sebaiknya para penjaga gawang senantiasa meningkatkan latihan depth jump dan box jump agar kemampuan lompat mereka dapat meningkat untuk mencapai prestasi yang lebih baik. 2) Sebagai seorang pelatih harus mampu mengkondisikan atlet pada saat berjalannya proses latihan.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Subagyo Irianto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: latihan depth jump, latihan box jump, tinggi lompatan
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 21 Feb 2022 08:03
Last Modified: 21 Feb 2022 08:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72431

Actions (login required)

View Item View Item