PENGEMBANGAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK KELILING KELOMPOK PADA ANAK KELOMPOK B DI TK KUSUMA 1 NOLOGATEN

Nuning , Krisnawati (2012) PENGEMBANGAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK KELILING KELOMPOK PADA ANAK KELOMPOK B DI TK KUSUMA 1 NOLOGATEN. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
Nuning Krisnawati.pdf

Download (49kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan berbicara pada anak kelompok B di Taman Kanak-kanak Kusuma I Nologaten Catur Tunggal Depok Sleman melalui model pembelajaran kooperatif teknik keliling kelompok. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B di TK Kusuma 1 Nologaten Catur Tunggal Depok Sleman yang berjumlah 18 anak. Objek penelitian adalah keterampilan berbicara (kecakapan untuk mengungkapkan pendapat). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dimana setiap siklus berlangsung selama 2 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berbicara dapat berkembang setelah adanya tindakan. Hasil observasi sebelum tindakan menunjukkan ketuntasan keterampilan berbicara sebesar 49% yaitu masih berada pada kriteria kurang baik. Pada siklus I meningkat menjadi 70% yaitu sudah mencapai kriteria cukup. Pada siklus II keterampilan berbicara telah mencapai indikator keberhasilan, yaitu 82% dan sudah mencapai kriteria baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif teknik keliling kelompok dapat mengembangkan keterampilan berbicara pada anak kelompok B di TK Kusuma 1 Nologaten Catur Tunggal Depok Sleman. Kata kunci : keterampilan berbicara, pembelajaran kooperatif, pembelajaran kooperatif teknik keliling kelompok, anak TK

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 06 Nov 2012 00:25
Last Modified: 29 Jan 2019 17:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7241

Actions (login required)

View Item View Item