Survei Tingkat Penggunaan Permainan Tradisional di Masa Pandemi Covid-19 Pada Siswa SD Negeri 1 Petir Kecamatan Kalibagor Kabupaten Banyumas

Fathurahman, Ivan Ilham (2022) Survei Tingkat Penggunaan Permainan Tradisional di Masa Pandemi Covid-19 Pada Siswa SD Negeri 1 Petir Kecamatan Kalibagor Kabupaten Banyumas. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_ivan ilham fathurahman_17604224068.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat penggunaan permainan tradisional di masa pandemi Covid-19 pada siswa SD Negeri 1 Petir Kecamatan Kalibagor Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan one shot atau sekali ukur dengan menggunakan metode survei. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Petir pada 25 Oktober- 29 November 2021. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SD Negeri 1 Petir dengan total keseluruhan 28 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen yang berupa angket dalam bentuk google form yang berisi 31 pertanyaan dengan mengambil instrumen dari skripsi Komsiyati dan telah di validasi oleh bapak Dr. Subagyo, M.Pd. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan data presentase. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data 31 permainan tradisional dengan persentase rata-rata penggunaan permainan tradisional 15% siswa sering melakukan dengan jumlah 4 siswa, 15% siswa kadang-kadang melakukan dengan jumlah 4 siswa dan 70% siswa tidak pernah melakukan dengan jumlah 20 siswa. Berdasarkan hasil penelitian penggunaan permainan tradisional, jarang dilakukan atau kurang diminati pada siswa kelas 4 SD Negeri 1 Petir.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Drs. Raden Sunardianta, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: permainan tradisional, pandemi Covid-19
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 18 Feb 2022 10:21
Last Modified: 21 Feb 2022 02:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72402

Actions (login required)

View Item View Item