Analisis Point From Turnover Tim Pada Kompetisi Indonesian Basketball League (IBL) Series IV Yogyakarta 2020 Menggunakan Aplikasi FIBA Livestats

Agustiawan, Reynaldi (2022) Analisis Point From Turnover Tim Pada Kompetisi Indonesian Basketball League (IBL) Series IV Yogyakarta 2020 Menggunakan Aplikasi FIBA Livestats. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_reynaldi agustiawan_17602241012.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis banyaknya point from turnover serta turnover yang di hasilkan pada pertandingan Indonesian Basketball League (IBL) series IV Yogyakarta tahun 2020. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kuantitatif. Dilakukan dengan menganalisis 12 pertandingan pada Indonesian Basketball League (IBL) series IV Yogyakarta dengan menggunakan aplikasi FIBA Livestats, yaitu pada bagian action log dimana kita dapat mengetahui jalanannya pertandingan atau kondisi yang ada di lapangan setiap ada tidakan yang dilakukan oleh para pemain yang ada di lapangan, dengan action logs ini kita dapat mengetahui dan menganalisis turnover maupun point turnover yang dilakukan oleh setiap tim. Terdapat 3 faktor turnover dalam setiap game yaitu 1) foul yang mempunyai 1 indikator yaitu Offensive Foul, 2) kelemahan teknik penyerangan dengan 3 indikator yaitu Steal, Out Of Bounds, dan Bad Pass, 3) violation dengan 6 indikator yaitu 3 seconds, 5 seconds, 24 Seconds, Backourt, Traveling, Duoble Dribble. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor turnover yang paling sering terjadi adalah kelemahan teknik menyerang dengan persentase 78,57% serta indikator steal sebanyak 183 kali yang mana mempunyai rata-rata sebanyak 15,25 steal per-game, turnover yang paling sedikit dan banyak dalam satu game adalah 9 & 21 dalam satu game, untuk indikator point from turnover faktor yang paling banyak membuahkan poin adalah kelemahan teknik menyerang dengan persentase 81,73% serta indikator steal, sebanyak 181 poin yang mempunyai rata rata sebanyak 15,08 poin per-game, point from turnover paling banyak dan sedik dalam satu game adalah 4 & 23 poin. Tim dengan rata-rata paling baik memanfaatkan poin dari turnover adalah Pacific Caesar dengan dengan rata-rata point from turnover setiap game 18,5 poin.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Fauzi, M.Si.
Uncontrolled Keywords: point from turnover, FIBA Livestats, analisis
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 18 Feb 2022 10:06
Last Modified: 18 Feb 2022 10:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72401

Actions (login required)

View Item View Item