Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital tentang Sejarah Kerajaan Majapahit untuk Meningkatkan Sikap Nasionalisme pada Siswa Kelas X.

Setyowati, Rini Riris and Aman, Aman (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital tentang Sejarah Kerajaan Majapahit untuk Meningkatkan Sikap Nasionalisme pada Siswa Kelas X. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-rini riris setyowati-18718251031.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan: (1) media komik digital sejarah Kerajaan Majapahit yang layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah, dan (2) media komik digital yang efektif untuk meningkatkan sikap nasionalisme siswa kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan adaptasi dari tujuh tahap penelitian model Borg & Gall. Terdapat dua kali tahap uji coba yaitu uji coba satu yang melibatkan 25 siswa dan uji coba dua (lapangan) melibatkan 116 siswa. Peneliti juga melakukan pengambilan data pre-angket dan post-angket untuk mengetahui sikap nasionalisme siswa yang terbagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Subjek kelas eksperimen melibatkan 116 siswa dan kelas kontrol melibatkan 21 siswa. Analisis dilakukan menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Data kualitatif berasal dari hasil wawancara dan observasi. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari angket penilaian ahli, guru, dan siswa. Skala penilaian media untuk melihat kelayakan media dianalisis dengan menggunakan konversi skor dalam lima katagori (Likert). Efektivitas media komik tersebut dianalisis dengan menggunakan perhitungan skor n-gain dan uji-t dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) media komik digital sejarah Kerajaan Majapahit, yang berdasarkan penilaian kelayakan oleh ahli media, ahli materi, guru dan siswa secara keseluruhan memenuhi kriteria kelayakan dengan katagori sangat layak; dan (2) media komik digital sejarah Kerajaan Majapahit yang efektif untuk meningkatkan sikap nasionalisme siswa kelas X. Hasil analisis skor n-gain menunjukkan bahwa sikap nasionalisme siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan sikap nasionalisme siswa di kelas kontrol. Hasil uji-t menggunakan taraf signifikansi 0,05 menunjukkan bahwa media komik tersebut dapat meningkatkan sikap nasionalisme siswa kelas X secara signifikan dengan nilai signifikansi (p) ≤0,05.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kerajaan Majapahit, komik digital sejarah, media pembelajaran, sikap nasionalisme.
Subjects: Ilmu Sosial > Sejarah
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 Feb 2022 01:57
Last Modified: 25 Feb 2022 01:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72396

Actions (login required)

View Item View Item