Pengembangan Bahan Ajar PPKn Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Keberagaman Budaya Di SMP Kelas VII.

Santoso, Ridwan and Wuryandani, Wuri (2020) Pengembangan Bahan Ajar PPKn Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Keberagaman Budaya Di SMP Kelas VII. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-ridwan santoso-18730251031.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan bahan ajar berbasis kearifan lokal yang layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. (2) mengetahui keefektifan bahan ajar yang dikembangkan tersebut. Penelitian ini dilatarbelakangi belum adanya bahan ajar PPKn berbasis kearifan lokal di sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan tahap ADDIE, meliputi: 1) Analyze, 2) Design, 3) Develop, 4) Implement, 5) Evaluate. Validasi produk penelitian dan pengembangan ini melibatkan dua dosen ahli. Subjek uji coba produk merupakan guru mata pelajaran dan peserta didik. Data kelayakan diperoleh menggunakan lembar respon ahli materi, ahli media, guru, dan peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji paired sample t test, uji independent sample t test, dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa produk penelitian dan pengembangan layak dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran. (1) Kelayakan produk dibuktikan dengan hasil validasi ahli materi berkategori sangat layak dengan skor 70 dan ahli media berkategori sangat layak dengan skor 77. Hasil One- to-One Trial diperoleh skor 27,5 dan 45 berkategori layak dari peserta didik dan guru, serta hasil Small-Group Trial diperoleh skor 33,5 dan 63 berkategori sangat layak dari peserta didik dan guru. (2) Keefektifan produk dibuktikan dari hasil uji paired sample t test yang menunjukan bahwa peningkatan pemahaman konsep keberagaman peserta didik terjadi di kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan nilai t kelas kontrol -16.130 dan kelas eksperimen -21.020. Hasil uji independent sample t test membuktikan bahwa di kelas kontrol dan kelas eksperimen terdapat perbedaan signifikan antara tingkat pemahaman konsep keberagaman peserta didik dengan nilai t -5,279. Hasil dari uji N-Gain di kelas kontrol adalah 0,49 dan kelas eksperimen adalah 0,72 yang membuktikan bahwa peningkatan pemahaman konsep keberagaman budaya lebih tinggi terjadi di kelas eksperimen dari pada di kelas kontrol.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar,PPKn, kearifan lokal, pemahaman konsep,keberagaman budaya
Subjects: Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 18 Feb 2022 02:08
Last Modified: 18 Feb 2022 02:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72392

Actions (login required)

View Item View Item