Ketersediaan Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMP Negeri se-Kabupaten Rejang Lebong di Bengkulu

Yentika, Nadia (2022) Ketersediaan Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMP Negeri se-Kabupaten Rejang Lebong di Bengkulu. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_nadia yentika_17601244018.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketersediaan sarana dan prasarana pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMP Negeri se-Kabupaten Rejang Lebong di Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh SMP Negeri se Kabupaten Rejang Lebong di Bengkulu tahun 2021 yang berjumlah 46 sekolah. Teknik sampel penelitian ini dengan Purposive Sampling yaitu 10 sekolah yang jarak sekolah dapat terjangkau, sekolah dapat di observasi semasa pandemik dan menyelenggarakan pembelajaran PJOK. Teknik pengumpulan data melalui observasi. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi. Teknik analisis penelitian ini menggunakan analisis frekuensi dalam bentuk persentase. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sarana yang tersedia yaitu 31 jenis dan terdapat 2 jenis yang tidak tersedia yaitu bola softball dan pemukul bola softball. Belum tersedianya bola softball dan pemukul bola softball terdapat pada seluruh sekolah. Dari ketersedian sarana tersebut terdapat 97,93% dalam kondisi baik dan 2,07% dalam kondisi rusak. Seluruh sarana yang dimiliki merupakan milik sekolah. Perkakas yang tersedia yaitu 14 jenis dan terdapat 4 jenis yang belum tersedia yaitu kuda-kuda lompat, palang tunggal, palang sejajar dan palang bertingkat. Belum tersedianya kuda-kuda lompat, palang tunggal, palang sejajar dan palang bertingkat terjadi pada seluruh sekolah. Ketersedian perkakas tersebut memiliki kondisi standar baik sebesar 96,5%, kondisi baik modifikasi 1,2% dan kondisi rusak besar 2,3%. Dari seluruh perkakas yang tersedia merupakan milik. Fasilitas yang tersedia yaitu 7 jenis dan terdapat 4 jenis yang belum tersedia di sekolah. Fasilitas yang belum tersedia yaitu lapangan tenis, lapangan softball, lintasan lari dan kolam renang. Fasilitas yang ada terdapat dalam kondisi baik sebesar 97,93% dan 2,07% dalam kondisi rusak. Seluruh fasilitas yang tersedia adalah milik dari sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Agus Sumhendartin Suryobroto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: sarana, prasarana, PJOK
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 17 Feb 2022 09:22
Last Modified: 17 Feb 2022 09:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72382

Actions (login required)

View Item View Item