Pengaruh Latihan Hanging Leg Raises dan Knee Up Combination Terhadap Power Tungkai Atlet Junior Taekwondo Kabupaten Kutai Timur

Amien AR, Muhammad (2022) Pengaruh Latihan Hanging Leg Raises dan Knee Up Combination Terhadap Power Tungkai Atlet Junior Taekwondo Kabupaten Kutai Timur. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_muhammad amien. ar_17602241001.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh besar terhadap dua metode latihan hanging leg raise dan knee up combinaion terhadap power otot tungkai atlet junior teakwondo Kabupaten Kutai Timur. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan menggunakan desain “One Group Pretest-Posttest Design”. Populasi yang digunakan adalah atlet junior taekwondo Kabupaten Kutai Timur. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 10 atlet dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Untuk teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan test triple hop. Analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan dari latihan hanging leg raises dan knee up conbination terhadap power otot tungkai atlet junior taekwondo Kabupaten Kutai Timur. Jika dilihat dari angka Mean Difference untuk bagian kaki kanan sebesar 34,300 dan untuk bagian kaki kiri sebesar 45,300 dengan nilai rata-rata pretest kaki kanan sebesar 630,90cm, dan pretest kaki kiri sebesar 644,80cm, selanjutnya untuk posttest kaki kanan sebesar 665,20cm dan posttest kaki kiri sebesar 690,10cm, dengan ini menunjukkan bahwa latihan hanging leg raises dan Knee up combination memperlihatkan perubahan yang lebih baik untuk kaki kanan 5,43% dan kaki kiri sebesar 7,02% terhadap power tungaki atlet junior taekwondo Kabupaten Kutai Timur dibandingkan dengan nilai pretest sebelum dilakukan latihan tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Devi Tirtawirya, M.Or.
Uncontrolled Keywords: hanging leg raise, knee up combination, power otot tungkai
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 17 Feb 2022 07:26
Last Modified: 17 Feb 2022 07:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72375

Actions (login required)

View Item View Item