Profil Biomotor Peserta Tes Pemusatan Latihan Atlet Pelajar Daerah (PLAPD) Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta Cabang Olahraga Taekwondo

Nuroktaviana, Anisa (2022) Profil Biomotor Peserta Tes Pemusatan Latihan Atlet Pelajar Daerah (PLAPD) Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta Cabang Olahraga Taekwondo. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_anisa nuroktaviana_18602244013.pdf

Download (796kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil biomotor peserta tes Pemusatan Latihan Atlet Pelajar Daerah (PLAPD) Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta cabang olahraga Taekwondo. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah atlet Taekwondo Pemusatan Pendidikan dan Latihan Pelajar Daerah (PPLPD) Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta dengan sampel yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Yaitu (1) atlet Taekwondo berusia antara 15 sampai dengan 17 tahun, (2) berdomisili di Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta, (3) atlet Kyorugi, dan (4) mengikuti tes biomotor pada hari Sabtu, 16 Oktober 2021. Teknik yang digunakan dalam pengambilan data penelitian adalah metode survei dengan teknik tes pengukuran. Instrumen yang digunakan yaitu tes dan pengukuran menggunakan tes sprint 30 m untuk tes kecepatan, situp untuk tes kekuatan, vertical jump untuk tes daya ledak, sit and reach untuk tes kelentukan, dan multistage fitness test untuk tes daya tahan. Analisis data menggunakan menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Profil biomotor kecepatan peserta tes dikategorikan cukup dengan persentase sebesar 54.5% (2) Profil biomotor kekuatan peserta tes dikategorikan baik dengan persentase sebesar 59.1% (3) Profil biomotor daya ledak peserta tes dikategorikan kurang sekali dengan persentase sebesar 59.1% (4) Profil biomotor kelentukan peserta tes dikategorikan baik dengan persentase sebesar 81.8% (5) Profil biomotor daya tahan peserta tes dikategorikan cukup dengan persentase sebesar 45.5%.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Faidillah Kurniawan, M.Or.
Uncontrolled Keywords: profil biomotor, taekwondo, pelajar
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 17 Feb 2022 06:58
Last Modified: 17 Feb 2022 06:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72370

Actions (login required)

View Item View Item