Partisipasi Masyarakat dalam Program Rumah Harapan Karangpatihan Bangkit untuk Mengatasi Kemiskinan di Desa Karangpatihan Ponorogo.

Nisa, Anika Ni'matun and Suharno, Suharno (2020) Partisipasi Masyarakat dalam Program Rumah Harapan Karangpatihan Bangkit untuk Mengatasi Kemiskinan di Desa Karangpatihan Ponorogo. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-anika nimatun nisa-18730251006.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) partisipasi masyarakat dalam program Rumah Harapan Karangpatihan Bangkit (RHKB) untuk mengatasi kemiskinan di Desa Karangpatihan Ponorogo, (2) hasil dari partisipasi masyarakat dalam program RHKB untuk mengatasi kemiskinan di Desa Karangpatihan Ponorogo, (3) faktor pendukung dan penghambat yang memengaruhi partisipasi masyarakat dalam program RHKB untuk mengatasi kemiskinan di Desa Karangpatihan Ponorogo. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian terdiri atas Kepala Desa, Mantan ketua RHKB, anggota pengurus RHKB, pelatih atau pendamping RHKB dan perwakilan masyarakat Desa Karangpatihan, ditentukan melalui teknik purposive. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Sedangkan analisis data menggunakan teknik model analisis Cresswell dengan tahap-tahap: (1) mengolah dan mempersiapkan, (2) membaca keseluruhan data, (3) menganalisis lebih detail dengan meng-coding data, (4) menerapkan proses coding, (5) menyajikan laporan, dan (6) memaknai data. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, partisipasi masyarakat dalam program RHKB dapat ditunjukkan dalam berbagai kegiatan program yang meliputi: penyusunan rencana kegiatan yaitu dengan menganalisis kegiatan yang akan dilakukan,penerapan rencana kegiatan yaitu melalui kegiatan pelatihan, pemantauan proses hasil kegiatan yaitu agar proses pelatihan berjalan dengan tujuan yang diharapkan, serta pemasaran hasil kegiatan. Selain itu masyarakat juga dapat berpartisipasi dalam kegiatan pembangunan infrastruktur. Kedua, hasil dari partisipasi masyarakat dalam program RHKB terlihat dari berbagai banyak kegiatan program yang sudah dijalankan dengan melibatkan masyarakat yaitu berupa kerajinan tangan. Ketiga, faktor pendukung yang memengaruhi meliputi: (1) kerjasama dan gotong royong, (2) modal, dan (3) pemasaran hasil. Sedangkan untuk faktor penghambat yang memengaruhi meliputi: (1) ketelatenan dan kesabaran, (2) waktu dan tenaga, dan (3) luasnya Desa Karangpatihan dan medan topografi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kemiskinan, partisipasi masyarakat, RHKB
Subjects: Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 16 Feb 2022 07:45
Last Modified: 16 Feb 2022 07:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72356

Actions (login required)

View Item View Item