Implementasi Pendidikan Kewarganegaraan Di Unit Pelaksana Teknis Satuan Pendidikan Non Formal Sanggar Kegiatan Belajar Kota Yogyakarta.

Wardhani, Primandha Sukma Nur and Samsuri, Samsuri (2020) Implementasi Pendidikan Kewarganegaraan Di Unit Pelaksana Teknis Satuan Pendidikan Non Formal Sanggar Kegiatan Belajar Kota Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-primandha sukma nur wardhani-16730251030.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mendeskripsikan: (1) penerapan Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Satuan Pendidikan Non Formal (SPNF) Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Yogyakarta; (2) pemenuhan standar proses PKn di UPT SPNF SKB Kota Yogyakarta. Penelitian ini dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di UPT SPNF SKB Kota Yogyakarta. Penentuan subjek penelitian dilakukan dengan teknik purposif yang terdiri dari Tutor PKn dan Warga Belajar SKB Kota Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Data penelitian dianalisis dengan teknik analisis kualitatif model interaktif. Penelitian ini menghasilkan temuan sebagai berikut. (1) Penerapan PKn di UPT SPNF SKB Kota Yogyakarta di Paket C kelas X menggunakan kurikulum 2013 sedangkan untuk kelas XI dan XII menggunakan kurikulum 2006. Tutor PKn melakukan proses pembelajaran di kelas berkaitan langsung dengan silabus dan RPP berupa kegiatan pembelajaran, yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Di kegiatan pendahuluan aktivitas yang dilakukan tutor adalah menyiapkan pembelajaran warga belajar, menanyakan kehadiran warga belajar, menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai, menyampaikan cakupan materi, mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang akan dipelajari. Di kegiatan inti, aktifitas yang dilakukan adalah eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi. Sedangkan di kegiatan penutup adalah untuk menutup pembelajaran atau ada penugasan untuk pertemuan berikutnya. (2) Pemenuhan standar proses PKn di UPT SPNF SKB Kota Yogyakarta dalam pengembangan RPP yang berpedoman ke silabus dilihat dari KI, KD pada kurikulum 2013 dan kurikulum 2006 dilihat dari indikator, KD. Dalam menjabarkan silabus ke dalam RPP, sesuai dengan yang di silabus ada KI, KD atau SK, KD, materi, alokasi waktu, sumber belajar diterapkan di RPP tetapi disusun memanjang sedangkan kurikulum 2006 SK, KD, indikator, tujuan, materi, alokasi waktu, metode, kegiatan pembelajaran, media, sumber belajar. Dalam menyusun RPP yang di setiap KD dapat dilaksanakan dalam aktivitas pembelajaran yang disesuaikan dengan kondisi warga belajar, kondisi warga belajar di SKB tidak seperti di sekolah formal sehingga dibuat kegiatan pembelajaran yang menyenangkan. Evaluasi proses pembelajaran dengan pemberian ulangan harian dan tugas. Jenis penilaian hasil belajarnya yaitu penilaian pengetahuan dan sikap. Sedangkan untuk penilaian sikap dilihat dari saat diskusi atau dari sikap sehari-hari dalam pembelajaran PKn didalam kelas.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), SKB
Subjects: Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 16 Feb 2022 07:12
Last Modified: 16 Feb 2022 07:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72353

Actions (login required)

View Item View Item