Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Mengembangkan Kecakapan Matematika Siswa Pendidikan Dasar Kelas VII Sebagai Implementasi KBK

Ary Woro, Kurniasih (2006) Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Mengembangkan Kecakapan Matematika Siswa Pendidikan Dasar Kelas VII Sebagai Implementasi KBK. Trend Penelitian dan Pembelajaran Matematika di Era ICT. ISSN 978–979–16353–9–1

[img]
Preview
Text
PM-2 - Ary Woro Kurniasih.pdf

Download (285kB) | Preview
Official URL: http://www.uny.ac.id

Abstract

Tulisan ini membahas hasil penelitian tentang model pembelajaran berbasis masalah untuk mengembangkan kecakapan matematika siswa pendidikan dasar kelas vii sebagai implementasi KBK. Penelitian ini mengacu pada model R & D yang dikembangkan oleh Dick and Carey dan dilaksanakan dalam 3 langkah besar yaitu (1) needs assessment (assess needs to identify goal(s), conduct instructional analysis, analyze learners and contexts, and write performance objective);(2) Pengembangan (develop assessment instruments, develop instructional strategy, and develop and select instructional materials); dan (3) Uji coba dalam pembelajaran (ujicoba perorangan‐revisi‐ujicoba kelompok kecil (6‐8 siswa)‐revisi‐ujicoba kelas‐revisi). Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa SMP Kelas VII (1) di kabupaten Semarang. Variabel bebasnya adalah model pembelajaran berbasis masalah, sedangkan variabel terikatnya adalah kecakapan matematika yang terdiri dari pemahaman konsep, kelancaran berprosedur, kompetensi strategi, penalaran adaptif, dan berkarakter produktif. Alat pengumpul data berupa lembar pengamatan, angket refleksi siswa terhadap pembelajaran dan angket untuk siswa, tes tertulis. Data dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian ini adalah diperoleh hasil analisis kebutuhan, dikembangkan model pembelajaran berbasis masalah yang mengkombinasikan berbagai kegiatan seperti penemuan konsep dan prinsip, diskusi kelompok kecil, dan pemberian pertanyaan‐pertanyaan stimulus kepada siswa sehingga kecakapan matematika siswa berkembang seimbang dan dikembangkan instrumen penilaian berupa kartu masalah, lembar kerja siswa. Kata kunci : kurikulum berbasis kompetensi, kecakapan matematika, model pebelajaran berbasis masalah

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: kurikulum berbasis kompetensi, kecakapan matematika, model pebelajaran berbasis masalah
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2006
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sarwo Hadi Setyana
Date Deposited: 06 Nov 2012 00:25
Last Modified: 06 Nov 2012 00:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7235

Actions (login required)

View Item View Item