Hubungan Koordinasi Mata-Kaki dan Kelincahan Dengan Keterampilan Penerimaan Bola Pertama Pada Peserta Ekstrakulikuler Sepak Takraw Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Bantul

Fatimah, Fanni Alya (2022) Hubungan Koordinasi Mata-Kaki dan Kelincahan Dengan Keterampilan Penerimaan Bola Pertama Pada Peserta Ekstrakulikuler Sepak Takraw Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Bantul. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_fanni alya fatimah_18601241052.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan yang signifikan antara koordinasi mata-kaki terhadap keterampilan penerimaan bola pertama pada peserta ekstrakulikuler sepak takraw Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Bantul, (2) hubungan yang signifikan antara kelincahan dengan keterampilan penerimaan bola pertama pada peserta ekstrakulikuler sepak takraw Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Bantul, (3) hubungan yang signifikan antara koordinasi mata-kaki dan kelincahan dengan keterampilan penerimaan bola pertama pada peserta ekstrakulikuler sepak takraw Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Bantul. Jenis penelitian merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode korelasional. Populasi dalam penelitian peserta ekstrakulikuler sepak takraw Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Bantul berjumlah adalah 23 orang yang berasal dari SMP Negeri 1 Jetis sebanyak 8 anak, SMP Negeri 1 Imogiri sebanyak 11 anak, SMP Negeri 2 Jetis sebanyak 5 anak. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling, dengan kriteria: (1) pemain yang masih aktif mengikuti latihan, (2) tidak dalam keadaan sakit, (3) bersedia menjadi sampel. Berdasarkan kriteria tersebut yang memenuhi berjumlah 23 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengukur koordinasi mata-kaki yaitu tes sepak sila, kelincahan menggunakan agility T test, dan keterampilan penerimaan bola pertama menggunakan tes penerimaan bola. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat hubungan yang signifikan antara koordinasi mata-kaki terhadap keterampilan penerimaan bola pertama pada peserta ekstrakulikuler sepak takraw Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Bantul, dengan nilai rhitung 0,845, (2) terdapat hubungan yang signifikan antara kelincahan dengan keterampilan penerimaan bola pertama pada peserta ekstrakulikuler sepak takraw Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Bantul, dengan nilai rhitung -0,678, dan (3) terdapat hubungan yang signifikan antara koordinasi mata-kaki dan kelincahan dengan keterampilan penerimaan bola pertama pada peserta ekstrakulikuler sepak takraw Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Bantul, dengn nilai Fhitung 54,89.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Yudanto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: koordinasi mata-kaki, kelincahan, penerimaan bola pertama
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 15 Feb 2022 09:58
Last Modified: 15 Feb 2022 09:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72342

Actions (login required)

View Item View Item