Pengembangan Aplikasi Panduan Meningkatkan Muscle Fitness Pada Cabang Olahraga Futsal Dengan Metode Weight Training Berbasis Android

Idayati, Ika Wahyu (2022) Pengembangan Aplikasi Panduan Meningkatkan Muscle Fitness Pada Cabang Olahraga Futsal Dengan Metode Weight Training Berbasis Android. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_ika wahyu idayati_17602241031.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media latihan menggunakan aplikasi smartphone berbasis android mengenai panduan meningkatkan muscle fitness dengan metode weight training pada cabang olahraga futsal. Produk aplikasi yang diberi nama “iTRAINER” ini berisi gambar atau animasi gerakan latihan dan diskripsi penjelasan sebagai panduan latihan untuk meningkatkan muslce fitness dengan metode weight training, sejarah, karakteristik, komponen biomotor dan materi latihan untuk cabang olahraga futsal. Metode penelitian pengembangan yang digunakan adalah research and development dengan acuan model pengembangan menurut Borg & Gall yang telah disederhanakan oleh tim Puslitjaknov menjadi 5 langkah yaitu analisis media yang akan digunakan, mengembangkan produk awal, validasi ahli dan revisi, uji coba kelompok kecil dan revisi produk, uji coba kelompok besar dan produk akhir. Subjek penelitian ini adalah atlet futsal Klub JF, UAD, UNY, Porda Jogja, dan Bantul. Uji coba kelompok kecil dilakukan terhadap 12 responden, uji coba kelompok besar dilakukan terhadap 30 responden. Instrumen yang digunakan adalah angket dan lembar evaluasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi iTRAINER dinyatakan baik/layak untuk digunakan. Hasil tersebut diperoleh dari hasil validasi ahli materi sebesar 75% yang berarti cukup baik/cukup layak, validasi ahli media menunjukkan hasil penilaian sebesar 94% yang berarti baik/layak. Pada uji coba kelompok kecil didapatkan hasil penilaian 83,6% yang dikategorikan baik/layak dan pada uji coba kelompok besar didapatkan hasil penilaian 89,7% yang dikategorikan baik/layak. Dengan demikian iTRAINER dinyatakan layak digunakan sebagai panduan meningkatkan muscle fitness pada cabang olahraga futsal dengan metode weight training yang komunikatif, mudah dipahami dan didapatkan.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Faidillah Kurniawan, M.Or.
Uncontrolled Keywords: aplikasi, muscle fitness, futsal, weight training
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 15 Feb 2022 09:20
Last Modified: 15 Feb 2022 09:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72338

Actions (login required)

View Item View Item