Tantangan dan Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta Pada Masa Pandemi Covid-19

Priyambada, Ramzy Rais (2022) Tantangan dan Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta Pada Masa Pandemi Covid-19. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_ramzy rais priyambada_18601241021.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tantangan apa dan strategi yang digunakan pada proses pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta pada masa pandemi covid-19. Jenis penelitian ini merupakan penelitian diskriptif kualitatif. Setting penelitian ini dilakukan di sekolah SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan oberservasi, wawancara, dan dokumentasi, dan pengamatan dengan tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data. Keabasahan menggunakan triangulasi sumber yaitu, hasil wawancara dengan guru PJOK, Peserta Didik, Kepala Sekolah, dan Wali Murid serta dokumentasi. Penelitian ini menunjukan bahwa tantangan yang dihadapi pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta pada masa pandemi covid-19 ini diantaranya: Minimnya sarana dan prasarana penunjang proses pembelajaran, motivasi belajar peserta didik yang rendah, kurangnya penguasaan teknologi guru dan peserta didik, kurangnya feedback dari interaksi guru dan peserta didik, guru dituntut memiliki materi yang aplikatif bagi peserta didik. Selain itu hasil penelitian menunjukan strategi yang digunakan dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta pada masa pandemi covid-19 diantara: Pemanfaatan platform online (WA Group, Zoom, Classroom, Youtube, Klasmu), meningkatkan kemampuan dan kapasitas guru melalui pelatihan, model pembelajaran yang interaktif berbasis android dengan menggunakan aplikasi Klasmu.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Yudanto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: tantangan dan strategi, pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, pada masa pandemi Covid-19
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 15 Feb 2022 07:32
Last Modified: 15 Feb 2022 07:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72331

Actions (login required)

View Item View Item